Selasa 21 Dec 2021 10:19 WIB

Tiga Jamaah Thailand Positif Omicron Usai Pulang Umroh

Ketiga jamaah kini menjalani perawatan di rumah sakit di Pattani.

Tiga Jamaah Thailand Positif Omicron Usai Pulang Umroh. Ilustrasi
Foto: AP/Amr Nabil
Tiga Jamaah Thailand Positif Omicron Usai Pulang Umroh. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, BANGKOK -- Sebanyak tiga jamaah umroh asal Thailand positif terjangkit Covid-19 varian Omicron usai dites, Jumat pekan lalu. 

Dilansir di The Nation Thailand, Ahad (19/12), Wakil Direktur rumah sakit Khok Pho Hospital di Pattani, Muhammad Labaiji mengatakan infeksi Omicron tersebut dikonfirmasi setelah 137 jamaah umroh menjalani tes PCR setelah kembali dari Makkah pekan lalu. Ia pun termasuk dalam rombongan umroh tersebut.

Baca Juga

Ketiga pasien saat ini menjalani perawatan di Khok Pho Hospital. Labaiji menambahkan mereka yang terinfeksi sebelumnya telah menyelesaikan masa karantina lima hari di Phuket dan akan menjalani karantina mandiri di rumah selama 14 hari.

Arab Saudi kembali membuka pintu bagi umat Muslim Indonesia yang ingin melaksanakan ibadah umroh pada Oktober lalu. Kementerian Agama (Kemenag) menyebut Indonesia akan memberangkatkan jamaah umroh pada 23 Desember mendatang. 

Mereka yang berangkat merupakan para pengurus Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Nur Arifin mengatakan akan ada sekitar 240 jamaah dalam pemberangkatan periode pertama.

Namun, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief melalui siaran persnya mengatakan keberangkatan jamaah umroh kembali ditunda. Keputusan ini diambil usai adanya imbauan dari Presiden RI dan arahan Menteri Agama agar masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri, serta setelah pihaknya menggelar rapat dengan Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

"Kami tentu mengutamakan aspek perlindungan jamaah di tengah pandemi Covid-19, terlebih setelah adanya varian baru Omicron. Untuk itu, keberangkatan jamaah umroh kembali ditunda hingga awal tahun 2022. Kita berharap kondisi segera membaik," kata Hilman di Jakarta, Sabtu (18/1).

Link artikel asli

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement