Jumat 06 May 2022 17:50 WIB

Pesan di Balik Lagu Baru Buya Yahya

Syair Buya Yahya ini dinyanyikan oleh musisi dan pendakwah, Ustaz Derry Sulaiman.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Buya Yahya
Foto: Republika TV
Buya Yahya

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah yang berpusat di Cirebon, KH Yahya Zainul Ma'arif atau yang akrab disapa Buya Yahyameluncurkan lagu baru yang berjudul "Damai Bersama". Soft launching lagu ini sengaja dilakukan pada 1 Syawal 1443 Hijriah, yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 2022. Lagu ini diunggah melalui kanal Youtube AB Creative Productions 

Syair Buya Yahya ini dinyanyikan oleh musisi sekaligus pendakwah, Ustaz Derry Sulaiman. 

 

 

"Jadi sengaja diposting di hari 1 Syawal supaya ada momentum, ada momori lagu ini di upload ketika hari kegembiraan umat Islam," ujar Ustaz Derry kepada republika.co.id, Jumat (6/5).

 

Sebelumnya, Buya Yahya juga telah mengajak sejumlah artis hijrah lainnya untuk berkolaborasi berdakwah lewat musik, seperti Reza Noah, Sakti Sheila On 7, Yuki Pas Band dan lain-lain. Setelah barulah Buya Yahya mengajak Ustaz Derry Sulaiman untuk menyanyikan syiar buatannya yang bejudul Damai Bersama ini. 

 

"Itu lagu syair buya yang membuat. Jadi Buya sekarang lagi mengajak artis-artis hijrah untuk berkolaborasi," ucap dia. 

 

Ustaz Derry menjelaskan, Buya Yahya membuat syair ini dengan penuh pikir untuk membantah pernyataan bahwa semua agama itu sama, serta untuk menjelaskan bahwa Islam itu adalah agama yang penuh dengan cinta. 

 

"Lagu ini untuk menjelaskan kepada semua orang bahwa Islam itu agama yang penuh dengan cinta, kasih sayang, toleransi meskipun kita berbeda," kata mantan gitaris band Betrayer ini. 

 

Lagu ini dipoles oleh Ustaz Derry setelah bertemu Buya Yahya di Pondok Pesantren Al-Bahjah Cabang Bogor. Setelah Buya Yahya mengirimkan syairnta, tim Derry Sulaiman anda Sahabat (DSAS) di Jakarta langsung mengaransemen syair itu dengan sederhana.  

 

"Dan alhamdulillah lagu itu disenangi, Buya suka banget dengarnya, dan di tengah lagu ada pesan perdamaian dari Buya Yahya," jelas Ustaz Derry. 

 

Dengan diluncurkannya lagu ini, dia pun memuji sosok Buya Yahya. Menurut dia, Buya Yahya merupakan seorang ulama kontemporer yang penuh dengan jiwa seni. 

 

"Jadi masya Allah Buya Yahya memang ulama yang sangat penuh dengan jiwa seni beliau tinggi luar biasa, beliau pencinta puisi, syair. Dan bukan ini saja lagu-lagu beliau, ada beberapa lagu lain yg beliau tulis, yang dinyanyikan oleh Al Bahjah Voice (AB Voice)," ujar Ustaz Derry. 

 

Ustaz Derry menambahkan, lagu ini pada intinya ingin menyampaikan sebuah pesan agar semua orang bisa bersatu dan damai bersama. Meskipun berbeda agama, suku, dan bahasa, semua oranf harus saling menghargai dan menghormati. 

 

"Mudah-mudahan lagu ini menjadi asbab hidayah, menjadi penyejuk di tengah gersangnya ukhuwah, toleransi di negara ini dan juga saya sengaja menampilkan pakaian sunah dari santri-santri supaya fitnah-fitnah Islam, radikal, teroris itu terbantahkan," jelas Ustaz Derry.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement