Kamis 08 Sep 2022 22:00 WIB

Kaltim Tuan Rumah Temu Karya Taman Budaya

TKTB merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

Atraksi seni sejumlah pemain dari sanggar seni Pitate di Taman Budaya Palu, Sulawesi Tengah.  (ilustrasi)
Foto: Antara/Basri Marzuki
Atraksi seni sejumlah pemain dari sanggar seni Pitate di Taman Budaya Palu, Sulawesi Tengah. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Provinsi Kalimantan Timur mendapat kesempatan menjadi tuan rumah perhelatan Temu Karya Taman Budaya (TKTB) XII tahun 2022 yang dipusatkan di UPTD Taman Budaya pada 19-23 September 2022 mendatang dan dihadiri perwakilan peserta se-Indonesia.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Taman Budaya Kaltim Ismid Rizal menuturkan, TKTB merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dan tahun ini Kaltim menjadi tuan rumah sehingga persiapan harus dimaksimalkan untuk menyambut tamu dari seluruh Provinsi.

"Para peserta ada 34 Provinsi yang meramaikan TKTB dan beragam kegiatan sudah kita jadwalkan untuk acara itu," kata Ismid saat Rapat Teknis kegiatan TKTB di Samarinda, Kamis (8/9/2022).

Karena itu, kata Ismid, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan seluruh panitia yang terlibat untuk bersama membahas persiapan dari awal, saat kegiatan dan akhir kepulangan para peserta.

"Kita harus maksimalkan pelayanan kita menyambut tamu," ucap Ismid.

Ia menjelaskan tema yang diangkat pada TKTB XII adalah "Berkreasi Pulihkan Ekonomi Negeri Jiwa dan Raga Spirit Nusantaraku."

Rencananya, kegiatan tersebut akan dibuka langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim namun masih menunggu kepastian secara daring atau luring.

Untuk rangkaian kegiatan sendiri, Ismid merinci akan ada Parade Budaya, Penampilan Tarian dan Seni Musik, Teater dan Suara di panggung terbuka.

Adapula Gelar Seni dari peserta TKTB di panggung utama. Seminar dan Dialog, serta eksibisi seni rupa/mural/melukis dinding Taman Budaya Kaltim.

Kemudian, pameran seni rupa melalui daring dan luring dari peserta TKTB dan Pameran Industri Kreatif persembahan PKK, UMKM dan Dekranasda yang ada di Kaltim.

"Saat selesai dengan semua kegiatan, kita akan ajak peserta untuk Family Trip Wisata Susur Sungai Mahakam bagi seluruh kontingen se-Indonesia,"kata Ketua UPTD.

Karena itu, dirinya berharap semua unsur-unsur yang terlibat dan hadir pada rapat teknis bisa saling berkoordinasi dan berkolaborasi untuk bersama membantu menyukseskan TKTB XXI di Kaltim.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement