Gelombang Kedua Jamaah Haji Mulai Diberangkatkan 20 Juli

Kamis , 18 Jul 2019, 16:25 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Hasanul Rizqa
 Ilustrasi Jamaah Haji
Ilustrasi Jamaah Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Gelombang kedua jamaah haji asal Indonesia akan mulai diberangkatkan ke Tanah Suci pada 20 Juli 2019. Hal itu disampaikan Plt Kepala Biro Humas Data dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag), Ali Rokhmat.

 

Dia menjelaskan, mereka yang akan diberangkatkan itu sebanyak 121.416 orang, termasuk para petugas kelompok terbang (kloter).

Terkait

"Gelombang kedua akan diberangkatkan pada 20 Juli-5 Agustus 2019 (17-25 Dzulqa'dah 1440H). Di semua embarkasi haji karena itu lanjutan, hanya penurunan jamaah melalui bandara Jeddah," kata Ali saat dihubungi Ihram.co.id, Kamis (18/7).

Calon jamaah haji gelombang kedua ini akan mendarat di Bandara King Abdul Aziz di Jeddah. Adapun sebelumnya, gelombang pertama mendarat di Bandar Udara Internasional Pangeran Mohammed bin Abdul Aziz di Madinah.   

Ali mengungkapkan, tiap calon jamaah haji juga dianjurkan untuk mengenakan pakaian ihram sejak dari embarkasi. Sebab, seiring waktu kedatangan jamaah dari berbagai negara membuat bandara di Arab Saudi semakin padat. Kebijakan pemerintah Arab Saudi juga menetapkan agar tiap jamaah tidak berlama-lama di bandara. Belum lagi faktor cuaca pada siang hari yang dapat sangat panas.

"Jamaah yang enggan kenakan kain ihram akan diberikan edukasi, bahwa setelah turun nanti dari pesawat tidak lagi bisa berlama-lama mengganti pakaian ihram di bandara di Saudi, karena untuk mempercepat proses mobilisasi jamaah ke pemondokan di Makkah," tambahnya.

 

Persiapan Pemberangkatan

Di embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG), Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Pondok Gede, Saiful Mujab, mengatakan persiapan dan proses penerimaan jamaah gelombang kedua di embarkasi tidak berbeda dengan gelombang pertama.

Ia menuturkan, calon jamaah haji gelombang kedua mulai memasuki Asrama Haji Pondok Gede pada Jumat (19/7). Mereka diterbangkan ke Arab Saudi pada Sabtu (20/7). Namun, jamaah haji asal Lampung tidak akan memasuki Asrama Haji dan hanya melakukan transit di Bandara Soekarno-Hatta. 

"Kloter 25 JKG sudah masuk gelombang II. Ada 65 kloter seluruhnya yang melalui embarkasi Pondok Gede," kata Saiful.

Pada Jumat (19/7) esok, dua kelompok terbang (kloter) jamaah yakni Kloter 25 dan Kloter 26 asal Banten dan Lampung akan memasuki Asrama Haji Pondok Gede.