Calhaj Mulai Berdatangan di Tanah Suci

Rabu , 11 Sep 2013, 08:18 WIB Reporter :Nur Hasan Murtiaji/ Redaktur : Dewi Mardiani
  Calon jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Jakarta menaiki pesawat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (10/9).     (Republika/Yasin Habibi)
Calon jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Jakarta menaiki pesawat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Selasa (10/9). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Gatot Abdullah Mansyur, menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Padang (PDG) Provinsi Sumatra Barat yang mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, sekitar pukul 11.11 WAS, Selasa (10/9).

 

Terkait

Hadir juga dalam prosesi penyambutan tersebut, Wakil Kepala Muassasah Asia Tenggara Mustafa Damanhuri, Kepala Kantor Urusan Haji Saeroji Dimyati, Kadaker Jeddah Endang Jumali, serta pejabat Indonesia lainnya.

Pesawat Garuda GA 3301 dari Sumatra Barat mendarat terlambat sekitar 30 menit dari jadwal yang direncanakan pada pukul 10.40 WAS. Seremonial penyambutan dilakukan sekitar pukul 13.00 WAS. Gatot menyarankan kepada para jamaah agar tidak memaksakan diri dalam menjalankan ibadah-ibadah sunah. Sebab, kata Gatot, suasana Makkah pada saat ini masih panas dan masa tinggal masih lama.

Dubes RI juga meminta kepada para jamaah agar menjaga kesehatan selama dalam melaksanakan ibadah di Tanah Suci. “Perbanyaklah minum air dan konsumsi buah-buahan,” ujar Gatot dikutip dari Media Center Haji Kemenag, Rabu (11/9).

Sementara Wakil Ketua Muassasah, Mustafa Damamhuri, menyambut baik kedatangan jamaah dan menyatakan siap untuk memberikan pelayanan kepada jamaah. Mustafa berjanji akan selalu memberikan kemudahan yang terbaik bagi jamaah haji Indonesia.Tak lupa dia juga mendoakan kepada jamaah haji Indonesia bisa mendapatkan haji yang mabrur.

Pada kesempatan ini, Muassasah membagi-bagikan tasbih elektrik dan kurma (ruthab) kepada para jamaah. Jamaah langsung diberangkatkan menuju Madinah dengan menggunakan bus Dallah dari Sarikat (PT) Dallah.

Selain dari embarkasi Padang (PDG), jamaah haji Indonesia dari Embarkasi Solo kloter pertama (SOC 1) juga telah mendarat di Jeddah pada pukul 13.18 WAS. Kloter kedua (SOC 2), dilaporkan telah mendarat di Jeddah pada pukul 15.42 WAS.

Di Madinah, jamaah haji Indonesia dari Embarkasi Batam (BTH) telah mendarat di Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada pukul 14.35 WAS atau lebih cepat 15 menit dari yang dijadwalkan, yaitu pukul 14.50 WAS.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini