Kloter Pertama Jamaah Haji Indonesia Tiba Malam Ini

Ahad , 20 Oct 2013, 17:11 WIB Reporter :Hannan Putra/ Redaktur : Nidia Zuraya
Seorang petugas haji Indonesia daerah kerja Makkah sedang melayani jamaah haji khusus yang tersesat di Masjidil Haram.
Seorang petugas haji Indonesia daerah kerja Makkah sedang melayani jamaah haji khusus yang tersesat di Masjidil Haram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapen Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdana Kusuma (HPK), G Maliti mengatakan, pihaknya sudah siap menyambut kedatangan jamaah haji yang diperkirakan akan tiba malam ini pukul 21.00 WIB. "Semuanya sudah kita persiapkan dari segi pengamanan dan acara-acara yang akan diselenggarakan. Informasi yang kami terima, pesawat pertama akan mendarat pukul 20.59 WIB nanti malam," jelas Maliti kepada ROL via sambungan telepon, Ahad (20/10).

 

Terkait

Maliti mengatakan, sejumlah acara penyambutan akan digelar untuk menyambut kloter yang pertama datang itu. Dijadwalkan, Gubernur DKI Joko Widodo dan Mentri Agama Suryadharma Ali juga akan hadir dalam acara penyambutan tersebut di Lanud HPK.

Setelah itu, jamaah akan dibawa ke Asrama Haji Pondok Gede (AHPG). "Kita sudah persiapkan segala sesuatunya, seperti pengamanan dari Bandara ke Asrama Haji. Lebih kurang persiapannya tak jauh berbeda dari keberangkatannya," jelas Maliti.

Humas AHPG, Barie menambahkan jamaah yang datang ke AHPG nanti malam tidak akan menginap lagi. Jamaah akan langsung diarahkan ke Gedung Serbaguna 2 untuk pengambilan bagasi. "Jamaah langsung pulang. Di AHPG hanya ambil barang dan air zam-zam," ujarnya.

Keluarga jamaah haji seperti biasa tidak diperkenankan untuk memasuki area AHPG. Bagi mereka yang menjemput jamaah haji hanya bisa menunggu diluar. "AHPG tetap steril. Jadi keluarga jamaah haji hanya sampai diluar," terangnya.