Uang Muka Setoran Haji Akan Dinaikkan

Ahad , 24 Nov 2013, 12:20 WIB Reporter :Rosita Budi Suryaningsih/ Redaktur : Fernan Rahadi
Anggito Abimanyu
Anggito Abimanyu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah berencana untuk menaikkan besaran setoran haji di tahun 2014 nanti. Rencananya, yang akan dinaikkan adalah besaran pada uang muka setoran haji.

 

Kenaikan besaran uang muka setoran haji ini, menurut Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Anggito Abimanyu, belum dipastikan secara resmi. “Hingga kini masih dikaji,” ujarnya pada sambungan telepon pada Republika, Ahad (24/11).

Terkait

Namun, menurutnya besaran uang muka setoran haji ini memang perlu dinaikkan di tahun depan. Ia mengungkapkan, ada tiga alasan yang mendasarinya. “Pertama adalah melihat kemampuan ekonomi masyarakat Indonesia sudah lebih tinggi,” ujarnya.

Melihat kondisi ekonomi Indonesia yang semakin membaik, dengan kemampuan ekonomi masyarakat yang terus meningkat, membuat masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama muslim akan semakin banyak yang mampu secara materi untuk berangkat haji.

Jika jumlah uang muka setoran haji masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, akan membuat jumlah masyarakat Indonesia yang mendaftarkan haji semakin banyak. “Jadi kenaikan uang muka setoran haji ini diperlukan untuk menyaring, bahwa hanya yang benar-benar mampu secara materi yang bisa mendaftarkan diri,” ujarnya.

Alasan ketiga, dengan dinaikkannya uang muka setoran haji, akan lebih membantu jamaah haji ketika tiba gilirannya berangkat. “Sewaktu pelunasan pembayaran menjadi tidak terlalu berat, karena uang muka sudah besar dan tinggal memberikan tambahan lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya,” ujarnya. Dengan sistem baru ini, diharapkan nanti tidak banyak calon jamaah yang terasa berat dalam melakukan pelunasan BPIH.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini