7 Syawwal 1442

Petugas Haji Langsung Umrah dan Siaga di Jeddah dan Madinah (1)

Jumat , 29 Aug 2014, 06:44 WIB Redaktur : Damanhuri Zuhri
 Petugas Haji berada dalam bis saat diberangkatkan dari Asrama Haji, Jakarta, Rabu (27/8).( Republika/ Tahta Aidilla)
Petugas Haji berada dalam bis saat diberangkatkan dari Asrama Haji, Jakarta, Rabu (27/8).( Republika/ Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zaki al-Hamzah

 

JEDDAH -- Sebanyak 318 petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2014 non kloter tiba di Bandara Internasioal King Abdul Aziz (KAIA), Jeddah, Arab Saudi, pukul 22.04 waktu Arab Saudi (WAS), Rabu (27/8).

Para petugas haji tersebut adalah rombongan pertama dari 806 petugas PPIH non kloter. Rombangan kedua akan diberangkatkan Ahad (31/8).

 

Proses pengurusan imigrasi selama satu-dua jam berlangsung lancar. Pengelola bandara membuka loket tambahan di area imigrasi penerimaan jamaah haji agar proses berjalan cepat.

Namun ada kejadian saat ada petugas yang masih baru mengoperasikan komputer imigrasi. Selain di loket imigrasi, petugas harus melewati dua loket khusus yang mengecek barcode berupa akses sudah membayar biaya pelayanan haji oleh panitia pelayanan haji Arab Saudi.

Pengecekan loket pertama oleh tiga petugas berpakaian khas Arab. Sesudah pengecekan barcode kedua di loket terakhir selesai, petugas PPIH mandi dan berganti pakaian ihram serta mengambil miqat.

Sekitar pukul 02.45 WAS, petugas diberangkatkan ke Kota Makkah untuk melaksanakan ibadah Umrah. Niat Umrah diucapkan saat petugas di dalam bus.

 

Proses Umrah dimulai sekitar pukul 07.00 WAS. Diawali dengan thawaf, sa'i dan tahallul. Sebagian petugas menunaikan shalat sunnah di belakang Maqam Ibrahim dan Shalat Sunnah Mutlak di Hijir Ismail.

Pagi itu, jamaah haji yang melaksanakan umrah dari berbagai negara sudah ramai namun belum sesak. Para petugas PPIH yang menjalani umrah masih bisa shalat di dua lokasi tadi.

 

widget->kurs();?>