7 Syawwal 1442

Petugas Haji Langsung Umrah dan Siaga di Jeddah dan Madinah (2-habis)

Jumat , 29 Aug 2014, 06:50 WIB Redaktur : Damanhuri Zuhri
 Petugas Haji berada dalam bis saat diberangkatkan dari Asrama Haji, Jakarta, Rabu (27/8).( Republika/ Tahta Aidilla)
Petugas Haji berada dalam bis saat diberangkatkan dari Asrama Haji, Jakarta, Rabu (27/8).( Republika/ Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zaki al-Hamzah

Untuk mempermudah pengawasan dan kekhusyukan beribadah umrah, petugas PPIH dikelompokkan dalam kelompok kecil, sekitar 20-30 orang. Rangkaian umrah berakhir sekitar pukul 10.00 WAS.

Beberapa kelompok masih terlihat menjalani ibadah umrah menjelang Shalat Zhuhur. Persis setelah saya dan rombongan kecil menyelesaikan umrah, petugas kebersihan Masjidil Haram meminta jamaah untuk keluar dari area Hijir Ismail.

"Alhamdulillah. Kita bersyukur bisa umrah secara lancar dan sudah selesai semua rukun umrah sebelum diminta keluar dari area Hijir Ismail . Semoga menjadi umrah yang mabrurah dan kelak menjadi haji mabrur," kata pembimbing umrah dari Kemenag.

 

Situasi di Masjidil Haram masih lengang ketika petugas PPIH Indonesia menunaikan umrah. Beberapa petugas bisa shalat sunnah di Hijir Ismail, memeluk dan mencium kain Ka'bah dan Hajar Aswad. Semakin siang, jamaah yang thawaf semakin ramai.

Tampak dari mereka berasal dari Pakistan, Bangladesh, Jepang, Malaysia dan sejumlah negara. Jamaah yang selesai melaksanakan umrah ada yang berfoto dengan latar belakang Ka'bah, ada juga yang membaca Alquran maupun berizikir di dekat Ka'bah.

 

Setelah semua rangkaian umrah selesai, petugas diantar kembali ke hotel transit. Pada pukul 13.00 WAS, petugas diantar ke daerah kerja masing-masing di Madinah dan Jeddah.

Mereka langsung istirahat di hotel tempat penginapan selama beberapa pekan ke depan untuk mempersiapkan pelayanan kepada para jamaah haji.

"Para petugas sudah semakin siap melayani para jamaah haji Indonesia," ujar Kasi Perlindungan Jamaah Haji Daker Madinah, Syafrudin Tanjung. Kloter pertama jamaah haji Indonesia dijadwalkan terbang ke Tanah Suci 1 September 2014.

 

widget->kurs();?>