Jamaah Haji di Madinah Siap-siap ke Makkah (1)

Selasa , 09 Sep 2014, 19:36 WIB Redaktur : Damanhuri Zuhri
Raudhah di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.
Raudhah di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Zaky Al Hamzah dari Tanah Suci

 

Terkait

MADINAH -- Satu kelompok terbang (kloter) pertama jamaah calon haji dari Embarkasi Jakarta  mulai bergerak ke Makkah, Selasa (9/9) sore.

Pantauan Media Center Haji (MCH) Madinah menunjukkan para jamaah terlihat sedang berbenah hendak naik bus yang mengantarkannya ke Makkah.

Koper-koper milik jamaah calon haji sudah disusun rapi di lorong depan lift Hotel An Anwar Az Zahra, salah satu pemondokan jamaah calon haji di Kota Madinah.

Para jamaah juga sudah selesai berbenah.‎ Sesuai jadwal, para jamaah calon haji akan menyelesaikan Shalat Arbain (shalat 40 waktu) pada Shalat Ashar, Selasa (9/9).

Salah satu jamaah yang akan ikut ke Makkah adalah Chasiyah binti Suhadi. Warga Sunter, Jakarta Utara ini mengaku sudah tidak sabar menuju Makkah untuk menunaikan ibadah haji.

Dia dan suaminya, Hasan Basri, mengaku sudah menanti selama lima tahun bisa menunaikan ibadah haji tahun ini.

"Alhamdulilah, saya dua kali ke Raudhah (salah satu tempat mustajab saat berdoa di Masjid Nabawi). Nggak tahan antreannya,'' ungkap Chasiyah semringah.

''Bapak (suami, red) juga sering ke Raudhah pada tengah malam," kata warga asli Pemalang, Jawa Tengah ini mengisahkan pengalaman spiritualnya selama menjalani Shalat Arbain di Masjib Nabawi, Madinah.

Kini Chasiyah dan suami bersiap menuju Makkah, Selasa sore. Untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuh selama berhaji, nenek yang memiliki 11 cucu ini selalu menjaga kesehatannya.

Karena ibadah haji yang akan dijalani cukup menguras tenaga. "Alhamdulillah, saat ini (kondisi tubuh masih) prima semuanya. Insya Allah," katanya sembari tersenyum.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini