Calon Haji Ambon Tiba di Embarkasi Makassar

Selasa , 16 Sep 2014, 10:11 WIB Redaktur : Chairul Akhmad
Persiapan keberangkatan jamaah haji di Tanah Suci.
Persiapan keberangkatan jamaah haji di Tanah Suci.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON – Sebanyak 238 calon haji (calhaj) asal Kota Ambon kini sudah tiba di Embarkasi Makassar setelah melakukan penerbangan dari Kota Ambon dengan jasa penerbangan Lion Air pada Senin (15/9) pagi.

 

Terkait

"Semua Calhaj Kota Ambon sudah berada di Embarkasi Makassar dan akan menginap di asrama haji sambil menunggu jadwal keberangkatan ke Arab Saudi pada 17 September," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ambon Hanafi Kasim, Senin (15/9).

Sementara itu, calhaj asal Maluku dari kabupaten lain akan tiba di Embarkasi Makassar pada Selasa (16/9).

"Patut disyukuri, sejak pelepasan calhaj pada tanggal 10 September 2014 oleh Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy sampai hari keberangkatan ke Embarkasi Makassar, semuanya sehat dan siap melakukan perjalanan. Artinya tidak ada yang batal berangkat," kata Hanafi.

Calhaj Kota Ambon terbagi atas lima rombongan dan 20 regu yang semuanya tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 12 yang bertolak dari Embarkasi Makassar menuju Jeddah pada 17 September 2014 dengan penerbangan Garuda Airline.

"Ke-238 calhaj dari Kota Ambon itu terdiri dari 88 orang laki - laki dan 150 orang perempuan dengan dengan berbagai jenjang pendidikan yakni SD (70 orang), SLTP (35 orang), SLTA (67 orang), sarjana muda (16 orang), S1(45 orang), S2 (4), dan S3(1)," ujarnya.

Seluruh dokumen calhaj sudah tidak ada masalah lagi mulai dari pemeriksaan kesehatan, paspor hingga pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH).

Dalam rangka menjamin kelancaran dan kepastian rasa aman selama pelaksanaan ibadah bagi calhaj, maka selama dalam perjalanan di Makkah jamaah haji akan didampingi empat orang petugas.Masing-masing dari Provinsi Maluku tiga orang dan satu lainnya dari Pemerintah Kota Ambon.

Sesuai data Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, calon haji Provinsi Maluku yang berangkat sebanyak 574 orang, yakni 227 laki-laki dan 347 perempuan dan tergabung dalam dua kelompok terbang (kloter).

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini