Saatnya Berbelanja Setelah Ibadah Haji Selesai

Selasa , 07 Oct 2014, 20:57 WIB Reporter :C64/ Redaktur : Citra Listya Rini
Jamaah haji Indonesia berbelanja.
Jamaah haji Indonesia berbelanja.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH  --  Pelaksanaan ibadah menunaikan haji telah seleai dilaksanakan oleh para jamaah haji tahun ini. Tak ayal jutaan para jamaah ini berbelanja terlebih dahulu sebelum kembali ke tanah air mereka, seperti yang dilaporkan Arab News, Selasa (7/10). 

 

Dalam sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh Arab News menyebutkan bahwa Jeddah merupakan salah satu tempat favorit sebagian besar para peziarah asing maupun lokal. Karena itu, tak heran banyak para pedagang telah mempersiapkan toko mereka untuk menyambut para peziarah.

Terkait

Kebayakan para pedagang itu berharap dapat memperoleh peningkatan keuntungan sekitar 20 hingga 30 persen.  Selain itu, untuk memeriahkan suksesnya pelaksanaan haji, pemerintah kota telah menghiasi pohon-pohon di kota dengan lampu warna-warni, dan pemandangan itu dapat terlihat di sekitar jalan Tahliya dan Corniche.

Pemkot juga menyertakan tiang bendera tertinggi di dunia di tengah kota, yang diharapkan menjadi daya tarik utama para jamaah haji tahun ini.  "Kota ini telah diinvestasikan dalam berbagai kegiatan maupun atraksi yang diharapkan mendorong jumlah kunjungan wisatawan untuk menyaksikan pesona dan keindahan ini," ujar Mohammed Riyaz, seorang pemerhati lingkungan. 

Seorang pengunjung dari Dammam,  Waheed Ghosaibi mengatakan Jeddah selalu menjadi kota terbaik di Kerajaan untuk menghabiskan liburan Idul Fitri maupun Idul Adha. Menurutnya, peluncuran bendera tertinggi di dunia itu telah meningkatkan jumlah wisatawan dan mengajak masyarakat lainnya untuk meraskan semangat Idul Adha dengan orang yang dicintainya. 

Perayaan itu khusus dipersiapkan oleh Komisi Royal untuk Yanbu dan Jubail yang mempersiapkan tarian tradisinoal, musik, ceramah maupun kegiatan untuk anak-anak selama liburan Idul Adha. Komisi Koordinator Media, Ahmed Al Umari mengatakan, perayaan itu sedang dilakukan di tiga lokasi di pantai Yanbu. Dan, disediakan pula lokasi untuk keluarga, pria dan wanita. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini