Delapan Ribu Jamaah Haji Filipina Lakukan Vaksinasi

Sabtu , 29 Aug 2015, 23:03 WIB Reporter :C33/ Redaktur : Didi Purwadi
Situs Suci umat Islam, Kabah, tempat menunaikan ibadah haji dan umrah.
Situs Suci umat Islam, Kabah, tempat menunaikan ibadah haji dan umrah.

REPUBLIKA.CO.ID, COTABATO -- Sekitar delapan ribu jamaah haji yang akan segera berangkat ke Mekkah, Arab Saudi, melakukan vaksinasi di komisi nasional muslim Filipina (NCMF). Para jamaah haji menerima vaksin menghadapi flu dan meningococcemia.

 

Terkait

Hingga saat ini, kasus penyakit MERS sedang menjadi perhatian besar Kementerian Kesehatan Arab. Sebagian besar kasusnya terjadi karena penularan di Rumah sakit di kota Riyadh. Sepanjang bulan Agustus 2015 dilaporkan sudah ada 46 kasus di negara itu.

Komisioner NCMF Ustadz Esmael Ebrahim merespon positif kegiatan vaksinasi itu sebagai langkah preventif terhadap penyakit yang bisa saja hinggap pada jamaah haji.

”Delapan ribu muslim Filipina akan berangkat ke Arab Saudi untuk berpartisipasi dalam ibadah haji. Dari delapan ribu itu, 1,200 berasal dari kota Maguindanao dan Cotabato,” katanya seperti dilansir dari CBN News.

Para jamaah haji yang mendapat vaksin merupakan prioritas pemerintah sebelum berangkat  ke luar negeri. Berdasarkan data NCMF, tahun ini jumlah jamaah haji asal Filipina merupakan terbanyak sepanjang sejarah. Kloter pertama jamaah sudah mulai berangkat sejak awal Agustus hingga kloter terakhir pada 11 September.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini