Pemerintah Segera Cek Fasilitas di Armina

Ahad , 13 Sep 2015, 22:37 WIB Reporter :Ratna Puspita/ Redaktur : Indira Rezkisari
Jamaah Calon Haji (JCH) melambaikan tangan kepada keluarganya saat menunggu pemberangkatan menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya di Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (8/9).
Jamaah Calon Haji (JCH) melambaikan tangan kepada keluarganya saat menunggu pemberangkatan menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya di Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (8/9).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Prosesi puncak ibadah haji akan berlangsung di Arafah, Mudzalifah, dan Mina (Armina) pekan depan. Pemerintah akan mengecek fasilitas tenda, karpet, dan pendingin ruangan (AC) di Armina sebelum prosesi puncak dimulai.

 

Terkait

"Kami akan cross check (fasilitas)," kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Abdul Djamil di Makkah, Ahad (13/9).

Djamil menerangkan pelayanan di Armina untuk jamaah haji asal Indonesia dilakukan oleh Muassasah Asia Tenggara. Muassasah, yaitu insitusi yang mendapatkan mandat dari Pemerintah Arab Saudi untuk menangani jamaah haji. "Dia yang tanggung jawab terhadap fasilitas," kata dia.

Djamil menambahkan, tahun ini Muassasah berjanji akan mengganti hambal atau karpet tipis dengan karpet tebal. Khusus jamaah haji asal Indonesia, Muassasah juga akan memberikan fasilitas pendingin udara atau AC. "Di Arafah, jamaah ditempatkan dalam kemah besar yang tidak ada pendingin, kita perlu tingkatkan kenyamanan jamaah," ujar dia.

Pada pertemuan dengan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi bulan lalu, Ketua Muassasah Asia Tenggara Muhammad Amin Andragiri berjanji tenda-tenda untuk jamaah haji Indonesia bakal dilengkapi pendingin udara ketika prosesi wukuf. "Tahun ini kita bikin kontrak dengan Indonesia untuk bikin AC di Arafah agar lebih nyaman,” kata dia.

Muassasah adalah lembaga swasta yang ditunjuk oleh Pemerintah Arab Saudi untuk membantu pelayanan haji seperti penyediaan transportasi, pemondokan, dan katering. Muassasah memiliki sejumlah maktab sebagai pelaksana lapangan yang bertugas mengelola pemondokan jamaah haji Indonesia, termasuk tenda di Armina.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini