Jamaah Haji Bergerak ke Arafah

Selasa , 22 Sep 2015, 14:13 WIB Redaktur : Citra Listya Rini
Jamaah haji wukuf di Padang Arafah.
Jamaah haji wukuf di Padang Arafah.

Laporan langsung wartawan Republika.co.id, Ratna Puspita dari Makkah

 

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Jamaah dari berbagai negara mulai bergerak ke Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi, Selasa (22/9) pagi waktu setempat. Mereka akan melakukan prosesi puncak ibadah haji, yaitu wukuf, pada Rabu (23/9) siang.

Terkait

Pantauan Republika.co.id, ribuan jamaah haji dari berbagai negara mulai melintasi wilayah Syisyah untuk menuju Arafah. Mereka sudah mengenakan pakaian ihram. Laki-laki mengenakan pakaian ihram berwarna putih, sedangkan perempuan mengenakan ihram dengan warna putih atau hitam atau warna lainnya.

Sebagian dari mereka terlihat berjalan kaki menuju terowongan yang menghubungkan Syisyah dan Mina. Mereka bergerak dalam kelompok kecil mulai dari tiga orang hingga 20 orang. Mereka yang menggunakan kursi roda didorong oleh temannya.

Sebagian besar membawa tas berukuran sedang, baik tas punggung atau selempang. Jamaah perempuan tampak mencangklong botol minuman berukuran satu liter. Ada juga jamaah yang tampak menggendong anaknya berusia kurang dari lima tahun.

Bus-bus juga terlihat wara-wiri di jalan-jalan sekitar Syisyah. Bus-bus itu, mulai dari berukuran sedang hingga besar, telah ditempeli stiker. Sebuah bus berwarna merah dengan tulisan USA Pilgrim melintas di antara rombongan jamaah yang berjalan kaki.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini