Kemenag Maksimalkan Peran Petugas Haji di Tanah Suci

Sabtu , 02 Jul 2016, 14:39 WIB Reporter :Retno Wulandari/ Redaktur : Ilham
Petugas haji mengawasi para jamaah calon haji
Petugas haji mengawasi para jamaah calon haji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bercermin pada penyelenggaraan ibadah haji tahun lalu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan mengerahkan peran para petugas haji selama di Tanah Suci. Keberadaan petugas sangat membantu kelancaran rangkaian ibadah haji para jamaah.

 

Terkait

"Tahun lalu, keberadaan petugas dikonsentrasikan di sektor-sektor tertentu, sekarang disebarluaskan di pemondokan-pemondokan. Sehingga jamaah bisa lebih dekat dengan petugas," ujar Lukman saat ditemui di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Sabtu (2/7).

Bagi jamaah yang menemui kesulitan atau membutuhkan informasi dapat menemui para petugas yang ditempatkan di hotel maupun pemondokan. Dua petugas yang ditempatkan di penginapan akan bekerja secara bergantian selama 24 jam.

Begitu pula dengam petugas dari kalangan TNI dan Polri. Tak hanya ditempatkan disektor khusus, mereka juga dijadikan sebagai petugas inti di Arafah dan Mina (Armina). Selain itu, mengingat kompetensi yang dimilikinya, dilakukan pula penambahan jumlah petugas dari kalangan TNI dan Polri.

Sementara itu, dari segi pelayanan kesehatan, Lukman menjamin pemerintah Arab Saudi bertanggungjawab atas kesehatan seluruh jamaah haji seperti memberikan pelayanan pengobatan dan perawatan di rumah sakit hingga pulih. Disamping itu, pemerintah Indonesia juga memiliki unit pelayanan kesehatan tersendiri dalam bentuk balai pengobatan haji di Makkah, Madinah dan Armina.

"Kita memang membuat unit pelayanan kesehatan sendiri untuk agar bisa menangani jamaah kita yang jumlahnya banyak," kata Lukman.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini