7 Rabiul Awwal 1442

Hari ini Pendaftaran Haji Dibuka untuk Penduduk Saudi

Jumat , 05 Aug 2016, 13:38 WIB Reporter :Ratna Ajeng Tedjomukti/ Redaktur : Agung Sasongko
Haji
Haji

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi meluncurkan portal khusus pendaftaran calon jamaah haji lokal tahun ini. Warga Saudi yang berniat melakukan ibadah haji dapat mengakses e-portal untuk memilih perusahaan yang akan mengurus kebutuhan jamaah haji lokal.

 

Dilansir dari Arabnews, Jumat (5/8) Warga Saudi dapat mengakses localhaj.Haj.gov.sa Dalam portal Kementrian Haji dan Umrah tesebut telah terdaftar 77 operator haji dan 200 perusahaan yang resmi melayani jamaah haji lokal.

Pemerintah pun menyarankan agar calon jamaah haji hanya menggunakan perusahaan dan operator yang resmi. Perusahaan resmi tersebut mencantumkan biaya paket haji yang berlaku tahun ini.

Ada tiga paket haji yang ditawarkan yakni paket ekonomis 3.000 riyal, paket 3.000- 5.250 riyal dan paket 5.892-11.890 riyal. Di dalam e-portal tersebut tercantum lengkap operator haji, pemondokan bagi jamaah haji dan tempat ibadah yang akan mereka kunjungi dan layanan apa saja yang didapatkan.

Setelah paket dan kota dipilih, calon jamaah haji dapat memilih jumlah penghuni pemondokan baik untuk laki-laki dan perempuan. Berdasarkan kota yang dipilih, mereka akan mendapat rincian kode kemah, kategori kemah, jarak ke Jamarat, transportasi, akomodasi dan makanan.

Jamaah juga dapat mengetahui secara rinci besaran tarif atas setiap layanan yang diterima dalam paket haji. Calon jamaah haji lokal yang bisa mendaftar hanya mereka yang belum haji pada lima tahun terakhir.

Kemudian, mereka harus mendepositkan biaya haji dan mendapatkan kontrak. Kontrak ini berlaku untuk mengurus ID, paspor, sertifikasi vaksinasi, golongan darah dan mendapatkan izin haji.

 

widget->kurs();?>