Inisiatif DPR Prioritaskan Calon Haji Lansia Perlu Didukung

Sabtu , 14 Jan 2017, 06:44 WIB Reporter :Fuji E Permana/ Redaktur : Hazliansyah
Salah seorang jamaah haji lansia (ilustrasi).
Salah seorang jamaah haji lansia (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Anwar Abbas menilai baik saran dari DPR RI yang meminta pemerintah memprioritaskan tambahan kuota jamaah haji kepada calon haji lanjut usia (lansia). Menurutnya, inisiatif dari DPR RI tersebut harus didukung.

 

Terkait

"Bagi saya adanya inisiatif dari DPR yang mengusulkan kepada pemerintah supaya calon haji lansia diberi prioritas, menurut saya sangat baik dan patut kita dukung," kata Anwar kepada Republika.co.id, Jumat (13/1).

Ia menerangkan, kalau kebijakan memprioritaskan calon haji lansia bisa direalisasikan pemerintah, kebijakan tersebut tidak menggeser sedikit pun hak atau kesempatan jamaah haji yang sudah mendaftar dan akan berangkat tahun ini. Sebab, yang digunakan calon haji lansia adalah tambahan kuota jamaah haji tahun ini.

Ia mengungkapkan, saran dari DPR RI tersebut sangat bagus dari sisi kemanusian. Kebijakan tersebut pasti akan menggembirakan hati orang-orang yang lansia. Menurut Rasulullah, barang siapa yang menggembirakan hati seseorang maka Allah akan menggembirakan hatinya.

Menurut Anwar yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal MUI, calon haji yang berusia muda mungkin akan kecewa karena tambahan kuota haji diberikan kepada calon haji lansia.

"Tapi, di balik kekecewaan itu ada ibadah karena memberikan kesempatan kepada orang yang lebih berharap (lansia)," ujarnya.

Dikatakan dia, calon haji lansia akan berat melaksanakan ibadah haji di usia tua jika tidak segera diberangkatkan. Selain itu, kemungkinan sakitnya besar. Ia menegaskan, istitha'ah tidak hanya dari sisi finansial, juga dari sisi fisik. Jadi, inisiatif dari DPR RI untuk memprioritaskan calon haji lansia sangat baik dan patut didukung.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini