4 Ramadhan 1442

Kuota Haji Jabar 2017, Paling Banyak di Indonesia

Kamis , 23 Feb 2017, 16:47 WIB Redaktur : Agus Yulianto
Petugas melakukan pemeriksaan calon jamaah haji kloter 6 asal Kabupaten Kuningan (Ilustrasi)
Petugas melakukan pemeriksaan calon jamaah haji kloter 6 asal Kabupaten Kuningan (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, BANDUNG -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat menyatakan, jumlah kuota haji untuk Provinsi Jawa Barat pada 2017 sebanyak 38.852 orang. "Alhamdulillah, untuk tahun ini, Jawa Barat mendapat jatah kuota haji dari pemerintah sebanyak 38.852 orang. Jumlah tersebut naik dibanding tahun-tahun sebelumnya yakni 37.366 orang," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jawa Barat Azam Mustazam, Kamis (23/2).

Kuota haji tersebut akan didistribusikan ke 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. "Dan tahun ini, Jawa Barat menjadi provinsi dengan jumlah kuota haji paling banyak di Indonesia," kata dia.

Menurut dia, banyaknya jumlah kuota yang diberikan pemerintah ke Jawa Barat karena tingginya minat warga yang ingin melakukan ibadah haji. "Memang dari tahun ke tahun terus jumlah pendudukanya juga paling banyak," ujarnya.

Azam mengatatakan, penambahan kuota ini juga cukup berdampak terhadap urutan daftar tunggu para calon jemaah haji namun tidak terlalu banyak.

"Itu hanya berpengaruh terhadap dua kloter saja. Penambahan ini ada pengaruh, tapi memang tidak terlalu signifikan. Urutan waiting list naik," kata dia.

Dia mengatakan, saat ini, daftar tunggu jamaah haji Jawa Barat sudah mencapai 600 ribu orang dengan perkiraan berangkat 17 tahun kemudian. Kata dia, jika ingin mengurangi waktu tunggu, maka Jabar butuh kuota lebih dari 70 ribu orang. "Hal ini juga hanya bisa mengurangi waktu tunggu menjadi 16 tahun," kata dia.

 

widget->kurs();?>