28 Ramadhan 1442

Imigrasi Tembagapura Proses Paspor 280 Jamaah Haji

Rabu , 01 Mar 2017, 14:11 WIB Redaktur : Agus Yulianto
Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sedang mendata paspor calon jamaah haji. (Ilustrasi)
Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sedang mendata paspor calon jamaah haji. (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,  TIMIKA -- Kantor Imigrasi Tembagapura, Timika, Papua akan memproses pembuatan paspor sekitar 280 calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, Mekkah, Arab Saudi. kepala Seksi Informasi, Sarana Komunikasi Imigrasi Tembagapura Mochammad Dede Sulaiman, mengatakan para calon jamaah haji itu berasal dari Kabupaten Mimika dan sebagian lagi berasal dari Kabupaten Asmat.

"Informasi yang kami terima dari Kementerian Agama Kabupaten Mimika, calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji tahun ini sebanyak 200-an orang. Kami akan memproses paspor mereka. Kemudian ada lagi rombongan calon jamaah haji dari Agats Kabupaten Asmat dengan jumlah sekitar 80-an orang," kata Dede, Rabu (1/3).

Menurut dia, rombongan calon jamaah haji dari Kabupaten Asmat mengurus paspor mereka di Kantor Imigrasi Tembagapura, Timika karena pertimbangan jangkauan jarak dari Agats ke Timika lebih dekat dibanding jika harus ke Merauke. "Kalau mengurus di Merauke tentu perjalanan lebih jauh dan sudah tentu biaya lebih mahal. Makanya, mereka mengurus paspor ke Kantor Imigrasi Tembagapura di Timika," kata Dede.

Sehubungan dengan itu, pada Selasa (28/2), pihak Imigrasi Tembagapura menggelar kegiatan sosialisasi tata cara pembuatan paspor haji tahun 1438 Hijriah dan tata cara pembuatan paspor melalui sistem daring. Sosialisasi itu diikuti 60 peserta, dimana 30 orang diantaranya merupakan calon jamaah haji Kabupaten Mimika yang akan melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah dalam beberapa waktu mendatang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tembagapura Jesaja Samuel Enock mengatakan, paspor merupakan dokumen yang sangat penting bagi setiap warga negara Indonesia yang akan berangkat ke luar negeri, termasuk para calon jamaah haji. "Paspor itu dokumen yang penting sekali karena menyangkut identitas pribadi kita. Kami dengan senang hati akan mengurus paspor para calon jamaah haji asal Kabupaten Mimika agar mereka bisa menunaikan ibadah haji dengan baik, aman dan lancar," kata Samuel.

 

widget->kurs();?>