4 Ramadhan 1442

Kuota Haji 2017 Ada Penambahan, Antrean Haji di Jabar Masih 13 Tahun

Jumat , 03 Mar 2017, 07:55 WIB Reporter :Lilis Sri Handayani/ Redaktur : Agus Yulianto
Ahmad Heryawan
Ahmad Heryawan

IHRAM.CO.ID, CIREBON  -- Kuota haji 2017 untuk Jawa Barat telah kembali normal sekaligus ada penambahan. Namun, hal tersebut masih belum cukup, sehingga daftar tunggu haji di Jabar masih tetap panjang.

 

Kepala Kanwil Kementrian Agama Jawa Barat A Buchori menjelaskan, tahun ini, kuota jamaah calon haji untuk Jawa Barat menjadi 38.626 orang dari sebelumnya yang hanya 29.888 orang. Menurut dia, Jawa Barat mendapat penambahan kuota sebanyak 1.227 jamaah.

 

Penambahan kuota itu merupakan bagian dari tambahan 10 ribu jamaah haji untuk Indonesia sebagai hadiah dari Raja Salman. Tambahan kuota itu kemudian dibagi-bagi untuk berbagai provinsi di Indonesia, termasuk Jawa Barat yang mendapatkan jatah 1.227 orang. "Bisa dibayangkan, akan banyak kloter nanti,’’ kata Buchori, di Kabupaten Cirebon, Kamis (2/3).

 

Buchori mengatakan, dengan kembali normalnya kuota ditambah adanya penambahan kuota, maka otomatis daftar tunggu haji pun berkurang. Namun, dia mengakui, rata-rata daftar tunggu jamaah calon haji di Jawa Barat masih sekitar 13 tahun.

 

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menambahkan, kuota yang semula dipotong karena perbaikan Masjidil Haram kini sudah kembali normal seiring selesainya perbaikan masjid tersebut. Selain itu, ada pula penambahan kuota 10 ribu untuk Indonesia sebagai hadiah dari Raja Salman.

 

Aher mengungkapkan, penambahan tersebut bisa mengurangi daftar tunggu haji di Jabar. Dia menyebutkan, ada sekitar 400 ribu orang di Jawa Barat yang menunggu untuk naik haji. "(Penambahan kuota) Ya masih kurang,’’ ujar Aher.

 

widget->kurs();?>