Warga Kota Surat Inginkan Penerbangan Haji Langsung ke Jeddah

Rabu , 22 Mar 2017, 00:05 WIB Reporter :Qommarria Rostanti/ Redaktur : Maman Sudiaman
Seorang pramugari membimbing para calon jamaah umrah di kabin pesawat dalam penerbangan langsung menuju Jeddah.
Seorang pramugari membimbing para calon jamaah umrah di kabin pesawat dalam penerbangan langsung menuju Jeddah.

IHRAM.CO.ID, SURAT -- Warga Kota Surat di Gujarat, India, mendesak Kementerian Penerbangan Sipil menghadirkan rute penerbangan langsung dari Surat ke Jeddah, Arab Saudi. Hal ini dimaksudkan demi memenuhi kebutuhan calon jamaah haji dari Gujarat selatan.

 

Terkait

Elemen masyarakat yang tergabung dalam aliansi We Want A Working Airport at Surat (WWWAS) telah menuliskan permintaan mereka dalam sebuah surat yang dikirimkan kepada Menteri Penerbangan Sipil India Jayant Sinha. Aliansi tersebut meyakini kehadiran penerbangan langsung dari Surat ke Jeddah akan mendatangkan potensi menguntungkan bagi India. Pasalnya jumlah calon jamaah haji dari Gujarat selatan dan Maharashtra utara setiap tahunnya cukup banyak.

WWWAS mengatakan sekitar 2.070 jamaah haji melakukan perjalanan dari berbagai kabupaten/kota di Gujarat selatan termasuk Surat, Tapi, Valsad, Navsari, Bharuch dan Narmada pada 2015. Data yang sama juga menunjukkan sekitar 1.976 orang melakukan perjalanan haji dari Dhule, Nasik, Jalgaon dan Nandurbar di Maharashtra utara selama 2015. Pada 2016, jumlah jamaah haji dari Gujarat selatan meningkat menjadi 2.900, sedangkan lebih dari 2.500 peziarah melakukan perjalanan dari Maharashtra utara.

Menurut WWWAS, ada potensi besar bagi maskapai internasional untuk memberangkatkan calon jamaah haji dari Gujarat selatan dan Maharashtra utara melalui penerbangan langsung dari Surat ke Jeddah. Saat ini, calon jamaah haji dari Gujarat selatan dan Maharashtra utara yang ingin pergi ke Jeddah harus melalui Bandara Internasional Mumbai.

Anggota WWWAS, Sanjay Jain, mengatakan haji hanya diadakan selama satu bulan dalam setahun. "Selama ini calon jamaah harus melakukan perjalanan jarak jauh dari desa terpencil di Gujarat selatan dan Maharashtra utara untuk mencapai bandara internasional di Mumbai karena tidak adanya fasilitas untuk perjalanan internasional dari Surat," ujarnya seperti dilansir dari The Times of India, Selasa (21/3).

Jain menyebut proyek perpanjangan landasan pacu kemungkinan akan selesai pada Mei 2017. Dia berharap saat itu bandara Surat akan siap mengoperasikan penerbangan internasional terbatas. "Kami telah meminta Menteri untuk meyakinkan maskapai penerbangan internasional untuk memulai penerbangan langsung dari Surat ke Jeddah," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini