Ongkos Haji Bertambah Rp 249 Ribu, Ini Penjelasan Menag

Jumat , 07 Apr 2017, 14:26 WIB Reporter :Fuji EP/ Redaktur : Agung Sasongko
Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin kepada Republika.co.id saat Konferensi Pers BPIH 2017 dan Persiapan Penyelenggaraan Haji, Jumat (7/4).
Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin kepada Republika.co.id saat Konferensi Pers BPIH 2017 dan Persiapan Penyelenggaraan Haji, Jumat (7/4).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini mengalami kenaikan sebesar Rp 249 ribu dari tahun sebelumnya. Kenaikan tersebut juga disertai dengan bertambahnya fasilitas pelayanan haji.

 

Sebelumnya, pada Senin (3/4), Presiden telah menerbitkan Keputusan Presiden tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2017. Secara rata-rata BPIH tahun ini sebesar Rp 34.890.312 untuk jamaah reguler.

Terkait

"Bila dibandingkan dengan biaya haji tahun lalu, ada selisih kenaikan sebesar Rp 249 ribu," kata Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin kepada Republika.co.id saat konferensi pers BPIH 2017 dan Persiapan Penyelenggaraan Haji, Jumat (7/4).

Menurut Lukman, pemerintah bersama Komisi VIII DPR RI yang membahas dan menetapkan BPIH tahun ini memaknai biaya haji tahun ini tidaklah naik dibandingkan tahun lalu. Sebab, pelayanan yang diberikan tahun ini InsyaAllah akan jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Ia menjelaskan, ada penambahan-penambahan fasilitas pelayanan yang berimplikasi pada perubahan biaya haji. Penambahan fasilitas juga hakikatnya merupakan aspirasi dari para jamaah haji. Misalnya tahun ini akan ditambah porsi makan yang akan diberikan kepada seluruh jamaah haji selama 12 hari.

"Yang semula 24 kali (makan) akan menjadi 25 kali, sarapan pagi yang tahun sebelumnya tidak pernah ada tahun ini akan kita berikan pelayanan sarapan haji selama 12 hari selama para jamaah haji kita berada di Makkah," ujarnya.

Ia menambahkan, pelayanan lain yang tidak diberikan pada tahun-tahun sebelumnya akan diberikan pada tahun ini. Seperti peningkatan pengadaan sarana transportasi dari Bandara Madinah menuju hotel-hotel dan sebaliknya. Juga fasilitas tenda untuk jamaah haji selama di Arafah menjadi lebih bagus lagi.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini