Tahun ini, Bengkulu Berangkatkan 1.641 Jamaah Haji

Rabu , 12 Apr 2017, 08:39 WIB Reporter :Marniati/ Redaktur : Andi Nur Aminah
Calon jamaah haji. (ilustrasi)
Calon jamaah haji. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, BENGKULU -- Tahun ini Provinsi Bengkulu memberangkatkan 1.641 jamaah calon haji yang tersebar di 10 kabupaten kota yang terdapat di provinsi Bengkulu. Ketua bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Zahdi Taher mengatakan dari 1.641 kuota haji, 1.630 merupakan jamaah calon haji dan 11 orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD). 

 

Dia menjelaskan, berdasarkan peraturan Presiden nomor 8 tahun 2017 maka calon jamaah haji Bengkulu akan masuk embarkasi Padang. Ini artinya provinsi Bengkulu berstatus sebagai embarkasi haji antara dimana seluruh proses administrasi dan dokumen keberangkatan calon jamaah ke Arab Saudi dipersiapkan di asrama haji Bengkulu. Seperti passport, vaksin meningitis, urusan kesehatan, pembinaan, pembagian gelang serta pembagian living cost

Terkait

“Jadi jamaah haji Bengkulu tidak lagi menginap di Asrama Haji Padang tetapi di asrama haji Bengkulu. Nanti jamaah Bengkulu naik pesawat reguler ke Padang kemudian pindah pesawat Garuda dan siap terbang ke Saudi. Karena pesawat menuju Arab Saudi hanya tersedia di Padang, belum ada di Bengkulu. Inilah status embarkasi antara,”  ujar Zahdi Taher saat ditemui di kantor Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Selasa (11/4).

Nantinya, dia mengatakan, jamaah calon haji Bengkulu akan terdiri dari 3,5 kloter. Dimana dalam satu kloter terdiri atas 450 jamaah calon haji ditambah lima orang petugas. Sehingga provinsi Bengkulu akan memiliki tiga kloter yang terisi penuh dan sisanya akan dilengkapi oleh jamah calon haji Sumatra Barat sehingga menjadi satu kloter penuh. 

Adapun terkait jadwal pemberangkatan calon jamaah haji Bengkulu, Zahdi Taher memperkirakan akan diberangkatkan pada awal Agustus 2017 atau pada gelombang pertama. “Karena mengikuti embarkasi Padang maka harus ada kesepakatan sama embarakasi Padang, Bengkulu ambil kloter berapa,” katanya.

Menurutnya, embarkasi Padang berada di kloter satu hingga 12. Diasumsikan Bengkulu akan mengambil kloter empat hingga tujuh. Sehingga diperkirakan berangkat awal Agustus. 

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini