Kemenag Kalsel: Ribuan Calhaj Belum Lunasi BPIH

Rabu , 19 Apr 2017, 14:00 WIB Redaktur : Agus Yulianto
 Jamaah haji  asal Embarkasi Banjarmasin menuju Makkah (Ilustrasi) (Republika/Amin Madani)
Jamaah haji asal Embarkasi Banjarmasin menuju Makkah (Ilustrasi) (Republika/Amin Madani)

IHRAM.CO.ID, BANJARMASIN -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan mencatat, ribuan calon jamah haji yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2017 ini, belum melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Kabid Pengelola Haji dan Umrah Kanwip Kemenag Kalsel H Syukeriansyah mengatakan, pelunasan BPIH tahap awal ini hingga 5 Mai 2017.

 

Terkait

"Memang masih ada waktu cukup panjang lagi bagi calon jamaah haji yang sudah terdata berangkat tahun ini, tapi hendaknya secepatnya melunasi BPIH," ujarnya, kemarin.

Menurut dia, jika calon jamaah haji yang hampir 2.000 orang belum melunasi BPIH ini hingga tenggang waktu yang sudah ditetapkan, maka disimpulkan mereka menunda keberangkatannya. "Pembukaan tahap ke-2 pelunasan BPIH nantinya antrean selanjutnya, yakni, mengganti calon jamaah haji yang tidak bisa melunasi pada tahap pertama tadi," ujarnya.

Syukeriansyah berharap, tidak banyak calon jamaah haji yang batal berangkat tahun ini karena tidak bisa melunasi BPIH, yakni, untuk Embarkasi Banjarmasin sebesar Rp 37.705.900. Kata dia, Embarkasi Banjarmasin termahal ke-4 dari 12 Embarkasi di Indonesia, namun masih di bawah Embarkasi Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dikatakan dia, Embarkasi Banjarmasin yang sebelumnya memberangkatkan sebanyak 3.050 orang, tahun ini bertambah menjadi 3.831 orang dengan diberinya tambahan kuota nasional oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Sehingga, kata dia, antrian haji di Kalsel dapat dipersingkat, di mana saat ini sudah sebanyak 92 ribu lebih mendaftar haji.

Dia pun beharap, Embarkasi Banjarmasin akan mendapat perhatian pemerintah pusat, di mana daerah ini terpanjang antrian hajinya. "Hingga yang mendapat kesempatan tahun ini bisa berangkat haji harus mensyukurinya, utamanya menjaga kesehatan jasmani dan rohani sebelum berangkat ini," ujar Syukeriansyah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini