Malaysia Uji Coba Chip Khusus Tahun Ini

Ahad , 07 May 2017, 12:37 WIB Reporter :Qommarria Rostanti/ Redaktur : Maman Sudiaman
Jamaah haji asal Malaysia selesai melakukan umrah.
Jamaah haji asal Malaysia selesai melakukan umrah.

IHRAM.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Tabung Haji Malaysia melakukan uji coba penggunaan kepingan (chip) khusus untuk jamaah haji tahun ini. Kepingan tersebut berguna untuk melacak dan mendeteksi lokasi jamaah selama di Tanah Suci.

 

Terkait

Manajer Senior Tanung Haji Malaysia Syed Saleh Syed Abdul Rahman mengatakan uji coba akan melibatkan 480 jamaah dan akan dipasang di lencana identitas mereka.

Ini adalah proyek percontohan bagi Malaysia untuk melihat seberapa efektif teknologinya. "Dengan chip tersebut, kami harus bisa melacak dan menemukan jamaah haji, terutama jika terjadi keadaan darurat. Jika berhasil, maka kami akan mempertimbangkan untuk menggunakannya di masa depan," ujarnya seperti dilansir dari Bernama, baru-baru ini.

Syed Saleh mengatakan, 15 personel teknologi informasi dari anak perusahaan Tabung Haji, Theta Edge Bhd, akan memantau keefektifan chip selama pengujian. Dia mengatakan, selama lima tahun terakhir, Tabung Haji telah mengadopsi berbagai jenis teknologi untuk keamanan jamaah haji, termasuk sistem perhitungan jamaah yang lebih akurat dan telah diperkenalkan tahun lalu.

Sementara itu, Tabung Haji akan meningkatkan jumlah staf haji menjadi 630 orang untuk memenuhi permintaan para jamaah. Pasalnya di 2017 kuota haji Malaysia telah meningkat menjadi 30.200 orang dari sebelumnya 27.900 orang. "Beberapa rencana lain juga telah disiapkan untuk menghadapi peningkatan jumlah jamaah tahun ini, diantaranya mempersiapkan akomodasi mereka di permukiman Makkah dan Madinah serta penerbangan haji," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini