Nokia dan Zain Saudi Bekerja Sama Hadirkan Aplikasi Haji

Rabu , 10 May 2017, 12:55 WIB Reporter :Qommarria Rostanti/ Redaktur : Winda Destiana Putri
Aplikasi di ponsel. Ilustrasi
Aplikasi di ponsel. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Perusahaan perlatan telekomunikasi asal Finlandia, Nokia, dan perusahaan operator layanan telekonomunikasi Zain Saudi Arabia bekerja sama memasang teknologi mobile edge computing (MEC) milik Nokia untuk mengirimkan sebuah aplikasi cerdas ke para jamaah di sekitar Makkah, Arab Saudi. Teknologi ini memungkinkan jamaah mendapatkan kinerja terbaik dari ponsel pintar mereka selama haji dan umrah meskipun di tengah keramaian.

 

Terkait

Berkumpulnya orang di suatu tempat dan waktu seringkali menciptakan tantangan tersendiri bagi perusahaan operator komunikasi. Pasalnya jutaan orang tersebut mengakses jaringan seluler mereka dalam waktu bersamaan. Meningkatnya jumlah jamaah setiap tahun membuat tantangan tesebut juga bertambah.

Untuk itu, Nokia dan Zain mencoba platform MEC bersamaan dengan sistem edge video orchestration untuk meningkatkan kepuasan jamaah ketika mengakses ponsel mereka. Nokia MEC memungkinkan jamaah menggunakan sumber daya jaringan secara efisien dan membuka peluang baru untuk pengiriman layanan di lokasi dengan 'lalu lintas' akses jaringan yang tinggi. Pengolahan data secara massal dilakukan dengan menyediakan teknologi Pusat Data AirFrame Nokia.

Selama umrah dan haji, pelanggan akan dapat mengunduh dan menggunakan dua aplikasi spesifik  melalui jaringan berkemampuan MEC. Pertama, Zain People Finder yakni aplikasi untuk memudahkan jamaah mencari dan menemukan teman dan keluarga. Kedua, aplikasi Haji Live yang memungkinkan jamaah melihat situasi terkini Jabal Rahmah di Arafat dan Jamarat. Aplikasi ini berguna untuk mengidentifikasi waktu terbaik dan paling tenang ketika melakukan proses lempar jumrah.

Chief Technology Officer Zain KSA Sultan Al-Deghaither mengatakan umrah dan haji adalah momen terpenting di wilayah Saudi. "Kami bangga menawarkan layanan yang luar biasa kepada para jamaah. Ini sesuai dengan komitmen kami untuk menawarkan layanan terbaik kepada pelanggan," ujarnya seperti dilansir dari Saudi Gazette baru-baru ini.

Dia menyebut peeusahaan telah berinvestasi dalam memodernisasi jaringan di area haji. "Penyebaran platform Nokia MEC dan dua aplikasi haji cerdas di jaringan ini merupakan tonggak sejarah evolusi kami untuk membangun kota-kota cerdas di kerajaan ini," kata Al-Deghaiter.

Kepala Urusan Konsumen Zain KSA di Nokia Ali Al Jitawi mengatakan pihaknya senang bekerja sama dengan Zain untuk menunjukkan manfaat penggunaan MEC untuk memberikan pengalaman berbeda pada proses haji dan umrah. "Dengan menggerakkan kemampuan pemrosesan lebih dekat ke konsumen dan perangkat mereka, platform inu memiliki potensi besar dan akan memungkinkan operator seperti Zain meluncurkan layanan baru yang menarik bagi konsumen dan perusahaan," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini