Tahun Ini Jamaah Haji Iran Gunakan Gelang Elektronik

Ahad , 14 May 2017, 09:15 WIB Reporter :Qommarria Rostanti/ Redaktur : Ani Nursalikah
Pengunjuk rasa memegang gambar pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, selama protes mengutuk Arab Saudi atas kematian jamaah haji, di Teheran, Iran, 25 September 2015.
Pengunjuk rasa memegang gambar pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, selama protes mengutuk Arab Saudi atas kematian jamaah haji, di Teheran, Iran, 25 September 2015.

IHRAM.CO.ID, TEHERAN -- Para jamaah Iran yang bepergian ke Arab Saudi untuk ibadah haji musim ini akan dilengkapi dengan gelang elektronik. Ini bertujuan mencegah kemungkinan terjadinya masalah dan mendeteksi lokasi jamaah pengguna gelang tersebut.

 

Terkait

Seperti dilansir dari kantor berita Tasnim, Kepala Organisasi Haji dan Ziarah Iran Hamid Mohammadi mengatakan, industri elektronik Iran telah merancang, membuat gelang, dan akan memproses data dari perangkat tersebut. Dia optimistis, gelang ini akan sangat membantu jamaah dan berkontribusi pada layanan yang lebih baik bagi mereka.

Pada Maret lalu, Iran dan Arab Saudi melakukan pembicaraan intensif tentang penyelesaian masalah yang menghambat pengiriman jamaah Iran ke Tanah Suci pada 2016. Sebagian besar masalah yang disengketakan telah diselesaikan dalam negosiasi dengan Saudi. "Mudah-mudahan masalah yang tersisa akan diselesaikan," ujar perwakilan Iran dalam urusan haji dan umrah, Ali Qazi-Askar.

Iran berencana mengirim setidaknya 80 ribu jamaah haji ke Saudi pada musim panas tahun ini. Negara tersebut memutuskan tidak mengirim jamaah pada musim haji tahun lalu karena mengkhawatirkan keamanan para jamaah setelah insiden mematikan dalam haji 2015. Lebih dari 450 warga Iran meninggal dunia dalam insiden berdesak-desakan di Mina.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini