13 Rabiul Awwal 1442

Dokumen Jamaah Haji Khusus Asphurindo Siap 100 Persen

Rabu , 19 Jul 2017, 14:28 WIB Reporter :LIDA PUSPANINGTYAS/ Redaktur : Ilham Tirta
Kelengkapan dokumen calon jamaah haji (ilustrasi).
Kelengkapan dokumen calon jamaah haji (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Seluruh dokumen jamaah dan petugas haji dari asosiasi penyelenggara haji khusus, Asphurindo, telah siap 100 persen pada Rabu (19/7). Surat-surat rekomendasi pun sudah keluar, namun belum bisa diberikan pada Kedutaan Besar Saudi Arabia (KBSA) untuk pengurusan visa.

 

"Insya Allah pengajuan petugas dan jamaah sudah siap anggota Asphurindo," kata Ketua Umum Syam Resfiadi pada Republika.co.id. Pada dasarnya, Asphurindo sudah siap memasukan paspor petugas untuk nantinya mengurus barcode jamaah.

Setelah itu print out barcode dibawa pulang beserta stiker maktab untuk ditempel di paspor setiap jamaah sesuai maktabnya. Menurut Syam, dokumen petugas belum bisa diberikan pada KBSA karena kesibukan tim dokumentasi Kementerian Agama.

Ia menambahkan, pada dasarnya Kemenag telah siap, namun penyusunan dokumen sesuai kloter masih belum rampung karena bergantung pada kesiapan di daerah. Menurut laporan, sejumlah daerah belum mengirimkan dokumen paspor jamaah reguler.

Menurut data, satu pekan lalu pada Senin (10/7), masih ada 43.460 paspor yang belum dikirimkan dari daerah. Sebagian besar adalah paspor jamaah dari Nusa Tenggara Timur, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Banten dan DKI Jakarta.

Sementara, Pelaksana tugas Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah, Nur Syam menjanjikan pengurusan visa jamaah haji reguler gelombang pertama akan selesai pekan ini. Menurutnya, hingga kemarin, Selasa (18/7), sudah ada 81.497 visa selesai.

 

widget->kurs();?>