Kemenag Luncurkan Aplikasi Haji Pintar Generasi Tiga

Sabtu , 22 Jul 2017, 10:50 WIB Reporter :Lida Puspaningtyas/ Redaktur : Agus Yulianto
Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis
Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) meluncurkan aplikasi Haji Pintar versi terbaru, Jumat (21/7). Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis mengatakan, aplikasi ini merupakan generasi ketiga.

 

Terkait

"Pada versi terbaru ini, sudah dilakukan upgrade dengan menambahkan beberapa fitur baru, seperti Alquran, jadwal shalat, informasi ziarah baik di Mekkah dan Madinah, nilai tukar rupiah yang selalu update tiap harinya, dan Itinerary (rencana perjalanan ibadah haji)," kata Sri dilansir dari siaran pers yang diterima Republika.co.iid.

Aplikasi tersebut sudah bisa diunduh di Google Play Store. Sri mengatakan, pengembangan aplikasi ini menjadi bagian upaya Ditjen PHU dalam meningkatkan pelayanan kepada jemaah haji. Pengembangan aplikasi berbasis smartphone atau ponsel pintar ini diharapkan dapat memudahkan jemaah dalam mendapatkan informasi seputar ibadah haji.

Selain panduan dan informasi pelaksanaan ibadah haji, aplikasi Haji Pintar ini juga memuat beberapa informasi tambahan. Seperti informasi tahun keberangkatan jamaah haji,lokasi pemondokan di Makkah dan Madinah,informasi konsumsi, cuaca, rute bus shalawat, kesehatan, doa-doa, hingga layanan pengaduan.

Sri menambahkan, aplikasi yang pertama kali dirilis pada tahun 2015 ini masih akan terus dikembangkan. Sampai saat ini, beberapa data juga masih dalam proses pembaruan. Seperti terkait data penginapan, transportasi, katering, dan jadwal penerbangan. "Semoga dalam waktu dekat semuanya sudah fiks" katanya.

"Bagi Jemaah Haji yang ingin mendapatkan aplikasi ini, langsung saja mengunduh di Google Play Store dengan kata kunci Haji Pintar 2017," ucapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini