90 Calhaj Sumsel Dialihkan ke Embarkasi Batam

Senin , 24 Jul 2017, 19:00 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Petugas dari Kementrian Agama melayani calon jamaah haji di Embarkasi Batam
Petugas dari Kementrian Agama melayani calon jamaah haji di Embarkasi Batam

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 90 orang jamaah calon haji Embarkasi Palembang dialihkan ke Embarkasi Hang Nadim Batam, karena jadwal penerbangan dari Palembang sudah penuh.

 

"Embarkasi Batam mendapatkan limpahan jamaah dari Palembang sebanyak 90 jamaah, sehingga total jamaah yang diberangkatkan dari Embarkasi Batam sebanyak 12.030 jamaah," kata Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam, Subadi di Batam, Kepulauan Riau, Senin (24/7).

Terkait

Jumlah jamaah haji Embarkasi Palembang melebihi kursi pesawat yang tersedia, sehingga harus dialihkan ke embarkasi lain. Dan Kementerian Agama memutuskan untuk mengalihkannya ke Embarkasi Batam.Jamaah dari Embarkasi Palembang itu akan diberangkatkan bersama jamaah asal Provinsi Riau dan Jambi yang tergabung dalam Kloter 26 Embarkasi Batam.

Subadi menyatakan, kemungkinan jamaah asal Embarkasi Palembang itu hanya transit di Bandara Hang Nadim untuk melanjutkan perjalanan ke Tanah Suci, tanpa singgah di Asrama Haji Batam.Seluruh dokumen keberangkatan jamaah haji Embarkasi Palembang juga diurus oleh embarkasi setempat, bukan oleh panitia penyelenggara haji di Batam.

"Dokumen sudah selesai di Palembang, kemungkinan hanya transit di bandara," kata dia.

Sementara itu, Embarkasi Hang Nadim Batam dijadwalkan memberangkatkan 11.940 orang jamaah calon haji dari empat provinsi pada musim haji 2017 yaitu Kepulauan Riau, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.

Jumlah jamaah yang diberangkatkan tahun ini bertambah dibandingkan musim haji sebelumnya yang hanya 8.911 jamaah.

"Tahun ini, jamaah dari Kepri sebanyak 1.286 orang, dari Riau sebanyak 5.030 orang, dari Jambi sebanyak 2.900 orang dan dari Kalbar sebanyak 1.510 orang," kata dia.

Selain itu, embarkasi juga turut memberangkatkan 9 orang Panitia Pelaksana Haji Daerah dari Kepri, 34 orang dari Riau, 19 orang dari Jambi dan 17 orang dari Kalbar. Petugas Kloter pendamping jamaah yang diberangkatkan sebanyak 135 orang.

PPIH sudah membagi jadwal keberangkatan setiap provinsi. Kloter pertama akan diisi oleh jamaah asal Kepri, kemudian kloter 2 hingga 10 diisi jamaah asal Riau dan Kloter 11-16 diisi jamaah asal Kalimantan Barat.

Lalu, kloter 16-18 diisi jamaah Riau, kloter 19 diisi jamaah Kepri, Kloter 20-26 diisi jamaah Jambi dan Kloter 27 diisi jamaah asal Kepri."Jamaah asal Riau juga ada yang diberangkatkan bersama kloter 26," kata dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini