1 Ramadhan 1442

Besok, Aher Lepas Rombongan Calhaj Asal Cianjur dan Sukabumi

Kamis , 27 Jul 2017, 18:31 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya/ Redaktur : Agung Sasongko
Ahmad Heryawan
Ahmad Heryawan

IHRAM.CO.ID, BEKASI -- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dijadwalkan melepas rombongan jamaah calon haji asal kloter Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi. Aher, sapaan akrabnya, akan melepas rombongan pada Jumat (28/7), pukul 06.00 WIB.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Ajam Mustajam menjelaskan, setibanya di Asrama Haji Bekasi, rombongan jamaah calon haji akan dikarantina selama 24 jam. Tujuan guna memulihkan kebugaran dan kesehatan setelah melawati perjalanan panjang dari daerah masing-masing.

Selama di asrama, jamaah diminta menaati aturan seperti  menjaga kesehatan dengan tidak melakukan aktivitas yang diluar yang telah ditentukan panitia. Selanjutnya, panitia akan memberikan paspor, dokumen, uang living cost, dan juga pemeriksaan kesehatan.

Menurut Ajam, Uang living cost adalah uang jamaah haji sekitar 5 juta rupiah yang dititipkan saat pelunasan dan sekarang dikembalikan lagi kepada jamaah untuk dibawa ke tanah suci. "Insyaallah cukup untuk hidup jemaah haji selama 40 hari di saudi. Selain dibekali uang living cost, akomodasi dan konsumsinya juga sudah disiapkan," jelas Ajam.

Salah satu jamaah haji asal Kabupaten Cianjur, Yayah mengatakan menghabiskan waktu sekitar tiga jam di perjalanan Cianjur-Bekasi. Saat tiba, Yayah mengaku langsung mendapat pengarahan, pengecekan kesehatan dan pembagian kamar oleh panitia.

"Pas sampe langsung dikasih arahan terus dikasih penjelasan, pembagian kamar dan cek kesehatan. Saya dapet kamar di lantai dua gedung baru," kata Yayah saat ditemui.

Yayah yang saat pengecekan kesehatan mendapat gelang merah ini mengatakan optimistis menjalankan ibadah di tanah suci meskipun harus tetap hati hati, mengingat penyakit darah tinggi yang diidapnya. "Dapat kartu merah, soalnya saya punya darah tinggi tapi insya allah optomis. Saya berangkat sama suami, doain semoga selamat sampe tanah air lagi," kata Yayah.

Hari ini, tiba di Asrama Haji Bekasi, rombongan jamaah calon haji asal Kabupaten Cianjur sebanyak 404 orang, dan Kabupaten Sukabumi ada 404.

 

widget->kurs();?>