27 Ramadhan 1442

Aher Lepas Pemberangkatan Jamaah Haji Kloter Pertama

Jumat , 28 Jul 2017, 08:42 WIB Reporter :Dea Alvi Soraya/ Redaktur : Ilham Tirta
Bis jamaah haji kloter satu dan dua, Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi Provinsi Jawa Barat, Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Jumat (28/7).
Bis jamaah haji kloter satu dan dua, Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi Provinsi Jawa Barat, Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Jumat (28/7).

IHRAM.CO.ID, BEKASI -- 404 jamaah haji kloter satu asal Kabupaten Cianjur telah diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi Provinsi Jawa Barat, Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jumat (28/7), pukul 08.00 WIB. Pemberangkatan ratusan jamaah tersebut dilepas langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriawan.

"Alhamdulillah ini haji kloter pertama gelombang pertama asal Jabar, tentu kita harap lancar semuanya," kata Ahmad Heriawan saat ditemui Republika.co.id di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi Provinsi Jawa Barat, Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jumat (28/7).

Lelaki yang disapa Aher menjelaskan, hari ini adalah pemberangkatan keloter pertama dan kedua dari provinsi Jawa Barat dari total sekitar 39.392 jamaah haji. Dia berharap, seluruh jamaah yang diberangkatkan hari ini dapat selamat sampai tanah suci.

Menurut dia, musim haji tahun ini lebih lancar dibanding sebelumnya. Persiapan dokumen dari 96 kloter haji yang akan berangkat tahun ini, sudah 75 persen yang telah siap. "Sekarang tidak ada masalah seperti tahun lalu, karena sudah hampir selesai dokumen seluruhnya. Sudah 3/4-nya," kata dia.

Permasalahan seperti jamaah yang tertinggal karena tidak memiliki kelengkapan dokumen dipastikan tidak terulang kembali. Meskipun persiapan dokumen telah rampung hingga 75 persen, namun panitia haji harus bergerak cepat menyelesaikan dokumen jamaah haji kloter terakhir.

"Bisa saya katakan ini lebih lancar dibanding sebelumnya dan lebih bagus karena tidak ada visa yang tercecer, tidak ada jamaah yang tertinggal keberangkatannya karena urusan visa. Walaupun sudah 75 persen, tapi harus selesai dari sekarang, meskipun waktu masih panjang," ujar Ahmad Heriawan.

Seluruh jamaah haji kloter pertama telah diberangkatkan menuju Bandara Soekarno Hatta dan dikawal oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), pihak kepolisian, dan ambulans. Sedangkan jamaah haji kloter kedua asal Kabupaten Sukabumi akan diberangkatkan pukul 10.00 WIB nanti.

 

widget->kurs();?>