Zulkifli: Penggunaan Dana Haji Perlu Minta Pendapat Ulama

Sabtu , 29 Jul 2017, 17:31 WIB Reporter :Arie Lukihardianti/ Redaktur : Teguh Firmansyah
Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR RI), Zulkifli Hasan
Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR RI), Zulkifli Hasan

IHRAM.CO.ID, BANDUNG -- Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan menilai, penggunaan dana haji untuk keperluan lain oleh pemerintah harus meminta pendapat ulama. Karena, kata ia, dana haji itu dana umat.

 

Sehingga selama pemerintah akan mempergunakan untuk keperluan yang lainnya maka majelis ulama, ormas besar Muhammadiyah, NU, dewan dakwah, Persis dan lain-lain harus dimintai pendapat.

Terkait

"Saya kira perlu diajak ngomong majelis ulama, perlu diajak ngomong ormas besar Muhammadiyah, NU, ya kan dewan dakwah, Persis dan lain-lain. Jadi, diajak bicara gimana pendapatnya karena ini dana umat," ujar Zulkifli di acara Silaturahmi dan Dialog Kebangsaan Pimpinan Daerah (PD) Persatuan Islam (PERSIS) Kota Bandung, Sabtu (29/7).

Menurut Zulkifli, kalau ulama tak diajak berbicara terkait hal itu maka namanya membakar persoalan ke presiden. Namun, saat ditanya lebih lanjut terkait aturan penggunaan dana tersebut, Zulkifli mengaku belum mempelajari aturan tersebut. "Saya gak tahu, saya belum baca aturannya," katanya.

Perlu diketahui, keinginan menginvestasikan dana haji ke sektor infrastruktur sempat disampaikan Jokowi usai melantik Anggota Dewan Pengawas dan Anggota Badan Pelaksana Pengelola Keuangan Haji (BPKH) di Istana Negara, Jakarta,Rabu (26/7) lalu.

Baca juga,  Menkeu: Dana Haji Harus Dikelola Hati-Hati

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini