Askar Persilakan Kakek Kardin Masuk dan Berdoa di Raudhah

Ahad , 30 Jul 2017, 09:46 WIB Redaktur : Agus Yulianto
Raudhah di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.
Raudhah di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, Raudhah adalah area di sekitar mimbar yang biasa digunakan oleh Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam untuk berkhutbah. Berdasarkan hadis, raudhah ini termasuk dalam taman-taman surga. Oleh karena itu disunnahkan shalat di raudhah baik shalat fardhu ataupun shalat sunnah. Demikian juga disunnahkan i’tikaf atau duduk untuk berdzikir atau membaca Alauran di sana. Karena beribadah di sana terdapat pelipat-gandaan pahala.

 

Terkait

Itulah salah satu tempat ibadah yang paling diburu umat Islam saat menunaikan ibadah haji atau umrah di Masjid Nabawi, Madinah. Tak terkecuali bagi Kardin Ahmad Hartono. Kakek berusia 84 tahun itu bergegas masuk ke ruang depan Masjid Nabawi usai pelaksanaan shalat Asar berjamaah.

"Saya mau shalat di Raudhah," katanya, Sabtu (29/07).

Sambil memegang tongkat, Kardin berjalan cepat ke arah Raudhah. Dia di antar salah satu petugas kesehatan yang menjumpainya di Masjid Nabawi. Tampak juga dua orang kakek yang berjalan mengikutinya.

Kardin adalah jamaah haji asal Banjarnegara yang tergabung dalam kloter pertama Embarkasi Solo (SOC 01). Kardin tiba di Madinah Jumat malam usai menempuh perjalanan panjang sekitar 9 jam.

Langkah kakinya terbilang cepat untuk ukuran kakek seusianya. Tongkat dan fisik yang sudah membungkuk sepertinya tidak jadi penghalang baginya untuk bergerak melewati jamaah lainnya yang sedang duduk usai salat.

Kakek Kardin menuju Raudhah melalui Bab Sidiq. Tampak antrean jamaah sudah memanjang sekitar 10 meter menunggu saat pintu dibuka dan giliran mereka berkesempatan masuk ke Taman Surga.

Diminta oleh Petugas Kesehatan yang menemaninya untuk istirahat sejenak, Kardin justru menolak. Dia justru memilih ikut gabung dalam antrean untuk bisa masuk dalam ruang antara mimbar dan rumah Rasulullah.

Melihat Kardin, askar yang sedang berjaga di Raudhah melambaikan tangan, memanggilnya untuk mendekat. Terpal pembatas berwarna putih itu dibuka, dan askar tersebut mempersilakan Kakek Kardin untuk masuk ke Raudhah.

Moment itu dimanfaatkan Kakek Kardin untuk sujud syukur, shalat sunah, dan memanjatkan doa. "Alhamdulillah, Allah SWT mengabulkan permohonanku untuk bisa shalat di Raudhah." Raudhah adalah salah satu tempat mustajabah di Masjid Nabawi. Semoga doa Kakek Kardin diijabah! Amiiin

sumber : kemenag.go.id
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini