Calhaj Meninggal Setelah Duduk di Pesawat Pemberangkatan

Rabu , 09 Aug 2017, 20:50 WIB Redaktur : Ilham Tirta
Pemberangkatan calon jamaah haji (Ilustrasi).
Pemberangkatan calon jamaah haji (Ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, MAKASSAR -- Salah satu Jamaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Papua Barat, Syamsuri Syarif Sutio (57 tahun) meninggal dunia sesaat setelah duduk di kursi pesawat yang akan berangkat ke Jeddah, Arab Saudi. "Memang benar ada satu lagi jamaah calon haji yang meninggal dunia dan dia itu sudah naik ke pesawat, tapi langsung dilarikan ke rumah sakit," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan, Abd Wahid Tahir di, Rabu (9/8).

 

Terkait

Ia mengatakan, sesaat sebelum pesawat lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Syamsuri tiba-tiba mengalami sesak nafas dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Regional Wahidin Sudirohusodo. Namun, sebelum sampai di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis, JCH tersebut sudah dinyatakan meninggal dunia.

"Jadi duduk dan beberapa saat kemudian mengeluh sesak nafas dan melaporkan ke dokter pembimbing haji. Saat diketahui sesak nafas, diambilkan ambulance dan dibawa ke rumah sakit, tapi nyawanya tidak tertolong," katanya.

Berdasarkan informasi yang diterima dari petugas haji, Syamsuri tergabung dalam rombongan kelompok terbang (kloter) 16 yang berasal dari Provinsi Papua Barat. Pada pemberangkatan haji tahun 2017 ini, Embarkasi Hasanuddin, Makassar memberangkatkan 15.911 orang jamaah calon haji dari delapan provinsi di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

"Pada musim haji 2017, kuota jamaah kembali normal yakni 35 kelompok terbang (kloter), sementara tahun lalu hanya ada 27 kloter," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini