10 Rabiul Akhir 1442

Saudi Siapkan 16 Ribu Kantung Darah untuk Jamaah Haji

Ahad , 27 Aug 2017, 13:13 WIB Reporter :Ratna Ajeng Tejomukti/ Redaktur : Dwi Murdaningsih
Jamaah haji Indonesia menunggu bus shalawat ke Masjid Al Haram untuk melaksanakan shalat ashar di Sektor 7, Makkah, Arab Saudi, Kamis (25/8).
Jamaah haji Indonesia menunggu bus shalawat ke Masjid Al Haram untuk melaksanakan shalat ashar di Sektor 7, Makkah, Arab Saudi, Kamis (25/8).

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Departemen Kesehatan Saudi menyiapkan 16 ribu kantung darah untuk jamaah haji. Dilansir dari Arabnews, Ahad (27/8) Kementrian kesehatan sejak awal telah mengumpulkan darah dengan empat tahap, dari pengumpulan, pengujian, pemantauan dan pendistribuisan ke setiap kota suci di Saudi. Kementrian Kesehatan menjamin setiap kantong darah bebas dari penyakit menular.

Sebanyak 16 ribu kantong darah ini dikumpulkan dari 17 daerah dan provinsi, 27 mitra dari sektor publik, swasta dan militer. Seluruh kantong darah tersebut akan didistribusikan di Makkah dan Madinah.

Kantong darah ini akan tersedia di sembilan rumah sakit di Makah, empat di Maidnah dan empat di Mina. Selain tersedia kantong darah, seluruh rumah sakit telah dilengkapi dengan peralatan canggih dan tempat tidur untuk perawatan sesuai standar internasional. Mereka juga menyiapkan teknisi dan ahli laboratorium dan bank darah.

Bagi mereka yang ingin mendonorkan darahnya Kementrian Kesehatan menyiapkan dua mobil ambulans dan lima tim serta peralatan transfusi darah. Selain untuk memfasilitasi donor darah, tim dan ambulans ini disiapkan untuk kondisi darurat.

 

widget->kurs();?>