Kemenag Aceh Mulai Seleksi Calon Petugas Haji

Rabu , 21 Mar 2018, 15:04 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Petugas medis mengevakuasi dua jamaah sakit di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah ke Makkah, Rabu sore (16/8).
Petugas medis mengevakuasi dua jamaah sakit di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah ke Makkah, Rabu sore (16/8).

IHRAM.CO.ID, BANDA ACEH -- Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Aceh mulai menyeleksi anggota masyarakat di provinsi tersebut yang ingin mendaftar sebagai calon petugas haji tahun ini.

 

Terkait

"Mulai dari kemarin Selasa (20/3) hingga Ahad (25/3), itu kita lakukan penerimaan pendaftaran tes calon petugas haji 2018," ujar Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Aceh, Abrar Zym di Banda Aceh, Rabu (21/3).

Ia menjelaskan, penerimaan pendaftaran tersebut dilakukan baik di tingkat provinsi dan tingkat 23 kabupaten/kota di Aceh. Seleksi pertama dimulai dengan seleksi administrasi.

Ia ingin terus meningkatkan kompetensi bagi pelayanan tamu-tahu Allah baik di tanah air dan tanah suci. Musim haji tahun ini dimulai Senin (16/7), ditandai kesibukan embarkasi haji Aceh, lalu awal jamaah masuk embarkasi haji Selasa (17/7), dan puncaknya diperkirakan 22 Agustus 2018.

"Calon petugas telah kita persiapkan jauh-jauh hari. Tahun ini selain tes, juga sesi praktik di saat seleksi penerimaan sesuai arahan Pak Kanwil Aceh, Daud Pakeh," katanya.

Tenaga medis haji haji di tahun ini juga mendapat perlakuan yang sama. Mereka telah dipersiapkan sejak awal Maret tahun ini, dan kini sedang pelatihan secara nasional. "Yang jelas, di bulan ini kita mulai proses penerimaan pendaftaran calon petugas haji," kata Abrar.

Kepala Seksi Penyelenggraan Haji dan Umrah Kemenag Aceh Singkil, Suhardiman mengatakan telah membuka pendaftaran bagi petugas haji tahun ini dengan jadwal pendaftaran mulai dari 20 hingga 25 Maret 2018. Ia mengklaim, satuan kerja di bawah dirinya telah disurati seperti tingkat madrasah dan kantor urusan agama setempat bisa mengetahui informasi tersebut.

Sedangkan bagi mereka berada diluar instansi itu, Kemenag Aceh Singkil sudah menyampaikan baik melalui media sosial dan pengumuman yang ditempel di halaman kantor instansi ini. Formasi yang dibuka, yakni TPHI (Tim Pemandu Haji Indonesia), TPIHI (Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia) dan PPIH (Panitia Penyelenggara Haji Indonesia).

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini