Kemenag: 15 Hari ke Depan Penerbitan Visa Selesai Semua

Jumat , 06 Jul 2018, 11:20 WIB Reporter :Novita Intan/ Redaktur : Agung Sasongko
Petugas menyiapkan paspor dan visa jamaah calon haji (JCH) di gedung Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (6/7). Pantia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya melayani pemberangkatan dan pemulanganan jamaah haji sebanyak 36.640 jamaah yang terdiri dari 35.270 JCH dari Provinsi Jawa Timur, 700 JCH dari Provinsi Bali serta 670  JCH dari Provinsi NTT. ANTARA FOTO/Moch Asim/Spt/17
Petugas menyiapkan paspor dan visa jamaah calon haji (JCH) di gedung Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (6/7). Pantia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya melayani pemberangkatan dan pemulanganan jamaah haji sebanyak 36.640 jamaah yang terdiri dari 35.270 JCH dari Provinsi Jawa Timur, 700 JCH dari Provinsi Bali serta 670 JCH dari Provinsi NTT. ANTARA FOTO/Moch Asim/Spt/17

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) terus memproses penyelesaian visa jamaah haji Indonesia. Saat ini sudah lebih 29 ribu visa jamaah yang selesai dan diberangkat pada kloter-kloter awal.

 

“Sampai sore ini, total 29.675 visa jemaah haji Indonesia yang sudah keluar. Ini setara dengan 75 kloter,” ungkap Kasubdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Nasrullah Jassam dalam keterangan tulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (6/7).

Terkait

Menurut Nasrullah, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Arab Saudi untuk mempercepat proses pemvisaan. Hingga saat ini, rata-rata delapan ribu perhari visa yang diterbitkan.

photo

Infografis Data Jamaah Haji Indonesia

“Kami berharap dalam 15 hari ke depan, penerbitan visa sudah selesai semua,” terangnya.

Dikatakan Nasrullah, paspor jamaah haji reguler yang sudah diserahkan oleh Kanwil Kemenag Provinsi kepada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah mencapai 170.652. Dari jumlah itu, 161.700 sudah diverikasi untuk selanjutnya diproses pemvisaannya. Pemberangkatan jamaah haji Indonesia akan mulai dilakukan pada 12 hari ke depan.

Kloter pertama di semua embarkasi akan mulai diterbangkan ke Arab Saudi pada 17 Juli 2018. “Kami upayakan dan optimis kalau visa akan selesai sesuai target sehingga tidak ada masalah keterlambatan visa,” tandasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini