Embarkasi Solo Siap Sambut Calon Jamaah Haji

Jumat , 13 Jul 2018, 16:25 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Ani Nursalikah
Ilustrasi - Calon jamaah haji embarkasi Solo berkumpul di Asrama Haji Donohudan, Solo. (Republika/Edwin Dwi Putranto)
Ilustrasi - Calon jamaah haji embarkasi Solo berkumpul di Asrama Haji Donohudan, Solo. (Republika/Edwin Dwi Putranto)

IHRAM.CO.ID, SOLO -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo memastikan seluruh persiapan jelang keberangkatan perdana jamaah haji telah selesai. PPIH Embarkasi Solo siap menyambut kedatangan jamaah haji kloter pertama dari Kabupaten Tegal yang akan masuk Asrama Haji Donohudan, Boyolali pada Senin pagi (16/7).

“Kalau kami untuk persiapan sudah oke. Kami sudah siap menerima dan memberangkatkan jamaah haji. Tak ada persoalan,” kata Kepala Humas PPIH Embarkasi Solo, Afif Munzir kepada Republika.co.id, Jumat (13/7).

Sesuai jadwal, kloter pertama akan diberangkatkan pada Selasa (17/7) pagi atau tepat pukul 05.35 WIB. Sebelum berangkat, PPIH akan melakukan pelepasan keberangkatan perdana pada Selasa (17/7) dini hari yang juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Afif menjelaskan, setibanya di Asrama Haji Donohudan, jamaah haji akan langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis PPIH Embarkasi Solo. Selain itu, juga pengecekan dokumen penerbangan serta pemasangan gelang identitas jamaah haji Indonesia. Di asrama haji Donohudan, jamaah haji juga akan dibagikan uang saku untuk kebutuhan selama di Tanah Suci yang sudah ditentukan PPIH Embarkasi Solo.

PPIH Embarkasi Solo pun memastikan jamaah haji akan nyaman menginap di Asrama Haji Donohudan. PPIH Embarkasi Solo menyediakan dua wisma di Asrama Haji Donohudan untuk penginapan jamaah haji.

Selain fasilitas kamar tidur yang nyaman, setiap kamar juga dilengkapi pendingin ruangan. PPIH Embarkasi Solo pun menyediakan tangki air bersih untuk memastikan ketersediaan air bersih bagi jamaah.

“Soal katering kita juga sediakan tak ada masalah. Ada sayur, ada daging bisa memilih. Secara umum penyediaan katering tak ada masalah, sudah ready,” ujarnya.

Embarkasi Donohudan memberangkatkan sebanyak 34.112 jamaah haji tahun ini. Sebanyak 30.479 jamaah berasal dari Kabupaten Kota se-Jawa Tengah dan sisanya 3.158 merupakan jamaah dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Jamaah juga didampingi petugas pendamping masing-masing kloter yang totalnya mencapai 475 petugas.