Banyak Lalat Ditemukan di Dapur Embarkasi Solo

Selasa , 24 Jul 2018, 21:07 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Andi Nur Aminah
Lalat
Lalat

IHRAM.CO.ID, SOLO --  Komisi IX DPR RI meminta Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo untuk membenahi dapur tempat penyediaan makanan untuk calon jamaah haji (calhaj). Sebab dapur yang digunakan untuk memasak makanan yang hendak disajikan bagi para calhaj terkesan kotor.

Bahkan dalam pemantauan pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji yang dilakukan langsung komisi IX DPR RI di Embarkasi Solo pada Selasa (24/7), ditemukan banyak lalat yang berterbangan di dalam dapur. Anggota komisi IX DPR RI, Chairul Mahfiz meminta PPIH segera mengambil langkah cepat untuk membersihkan dapur di Embarkasi Solo.  “Saya lihat itu banyak lalat. Jangan dibiarkan begitu, pengelola asrama haji harus bertindak karena bahaya untuk kesehatan jamaah,” katanya.

Chairul pun mengkritisi lantaran kondisi dapur yang terlalu lembab. Tak hanya itu petugas dapur pun bekerja mempersiapkan makanan dengan duduk di lantai tanpa alas.

Lebih dari itu, Chairul mengatakan, pada ventilasi udara di pintu tak dilengkapi dengan jaring sehingga memungkinkan kotoran dapat dengan mudah masuk ke dapur. Ia khawatir jika tak ditanggapi serius hal tersebut akan berdampak buruk pada kondisi kesehatan jamaah.  “Kami meminta ini sebagai bahan evaluasi. Kalau dibiarkan jamaah makan makanan yang tak bersih nantinya,” tuturnya.