PPIH Solo: Pembenahan Dapur Belum Bisa Saat Ini

Rabu , 25 Jul 2018, 17:17 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Andi Nur Aminah
Kondisi dapur di Embarkasi Solo
Kondisi dapur di Embarkasi Solo

IHRAM.CO.ID, 

 

PPIH Solo: Pembenahan Dapur Belum Bisa Saat Ini

Terkait

SOLO -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo merespons baik permintaan Komisi IX DPR RI untuk melakukan pembenahan di dapur Asrama Haji Donohudan. Namun, menurut Kepala Humas PPIH Embarkasi Solo, Afif Munzir hal tersebut tak bisa dilakukan saat ini lantaran keterbatasan anggaran.

“Tahun depan tentu kita akan ada perbaikan sebagaimana yang diinginkan. Hanya saja tak bisa saat ini karena terkait juga soal anggaran. Kecuali kalau memang ada, ya okey,” tutur Afif kepada Republika.co.id pada Rabu (25/7).

Meski demikian, menurut Afif terkait ketersediaan sarana dan prasarana tak menjadi tanggungjawab PPIH. Sebab gedung Asrama Haji Donohudan merupakan milik Pemerintah Provinsi.

Afif pun menerima masukan dari Komisi IX DPR RI yang menilai kondisi dapur Asrama Haji kotor. Afif pun tak memungkiri banyak lalat di dapur Asrama. “Terkait sayur yang ditaruh dibawah memang rak kita belum ada juga. Tapi sebelum dimasak itu harus dicuci dulu,” kata Afif.

Baca: Banyak Lalat Ditemukan di Dapur Embarkasi Solo

 

Sementara itu meski banyak ditemukan lalat di dapur Asrama, Afif menjamin kehigienisan makanan yany disajikan untuk calon jamaah haji tetap terjaga. Ia memastikan petugas dapur langsung menutup makanan yang telah masak dan hendak disajikan. Selain itu, sebelum disajikan makanan pun dilakukan uji kelayakan terlebih dulu oleh tim gizi dan kesehatan PPIH.

Sementara itu berbagai upaya telah dilakukan petugas untuk meminimalisir lalat di dapur Asrama. Di antaranya dengan menggunakan lampu hingga lem kertas khusus. Meski begitu belum juga berhasil.

Keberadaan lalat di dapur Asrama Haji Donohudan mendapat kritikan dari Komisi IX DPR RI saat melakukan kunjungan pemantauan penyelenggaraan ibadah haji di Embarkasi Solo pada Selasa (24/7). Komisi IX DPR RI menilai kondisi dapur asrama kotor lantaran banyak ditemukan lalat beterbangan di dalam dapur. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini