PPIH Embarkasi Solo Tambah Lampu dan Lem untuk Kurangi Lalat

Kamis , 26 Jul 2018, 17:51 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Andi Nur Aminah
Kondisi dapur di Embarkasi Solo
Kondisi dapur di Embarkasi Solo

IHRAM.CO.ID, SOLO -- Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo langsung menambah lampu pengusir lalat untuk meminimalisir keberadaan lalat di dapur Asrama Haji Donohudan. Kepala Humas PPIH Embarkasi Solo, Afif Munzir mengatakan pihaknya menambah sebanyak dua unit lampu pengusir lalat yang dipasang di pintu masuk dapur.

Tak hanya lampu, untuk meminimalisir lalat di dapur asrama, pihaknya juga menambah lem khusus penjerat lalat. Lem tersebut langsung dipasang disejumlah titik di dapur asrama. “Kami sudah menambah lampu dan lem itu langsung dipasang di pintu-pintu dapur untuk meminimalisir lalat,” tutur Afif kepada Republika.co.id pada Kamis (26/7).

Afif menilai keberadaan lalat di dapur Asrama Haji Donohudan tak begitu banyak. Ia juga menganggap wajar dengan adanya lalat di dapur asrama. Meski demikian, ia menegaskan petugas dapur sangat memperhatikan kebersihan dapur.

Baca: PPIH Solo: Pembenahan Dapur Belum Bisa Saat Ini

Ia juga menjamin kehigienisan makanan yang akan disajikan kepada calon jamaah haji (calhaj). Afif pun menilai dengan lampu dan lem khusus penjerat lalat sudah efektif meminimalisir keberadaan lalat di dapur Asrama. “Satu dua (lalat) adalah, itu kan wajar. Kalau ruangannya tertutup mungkin baru bisa. Tapi kan petugas juga selalu membersihkan ada yang mengepel lantainya. Sejauh ini lampu dan lem efektif untuk mengurangi lalat meski tak menghilangkan,” tutur Afif.

Lebih dari itu, Afif mengatakan pihaknya juga langsung menambah jumlah rak di dapur asrama haji untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan sayur mayur. Sebelumya Komisi IX DPR RI mengkritisi kondisi dapur di Asrama Haji Donohhudan. Dalam pantauan penyelenggaraan ibadah haji di embarkasi solo, Komisi IX DPR RI menemukan banyak lalat di dapur asrama. Komisi IX pun meminta petugas segera membenahi dapur agar tak terkesan kotor.