Jamaah Haji Antusias Minum Air Zamzam

Sabtu , 28 Jul 2018, 15:48 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
 Jamaah haji Indonesia mengisi botol dengan air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Ahad (6/8).
Jamaah haji Indonesia mengisi botol dengan air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Ahad (6/8).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH — Jamaah calon haji dari berbagai negara, termasuk Indonesia, mulai memadati area keran air Zamzam yang bisa diminum langsung di sekitar area Masjidil Haram, Makkah. Antusiasme minum air Zamzam ini terlihat munculnya  antrean terjadi di keran yang ada di dekat dengan pintu King Abdulaziz.

 

Terkait

Kawasan itu berada di pelataran luar Masjidil Haram. Area pintu ini berhadapan dengan Zamzam Tower yang merupakan gedung pusat perbelanjaan. Di zona tersebut terlihat jamaah dari berbagai negara dengan identitasnya masing-masing seperti dari Indonesia, Thailand, Sri Lanka, Bangladesh, dan Pakistan.

Jamaah dari berbagai negara mengambil air Zamzam untuk minum di sela ibadah mereka, baik yang berumrah, shalat, maupun tawaf sunnah dan lainnya. Beberapa pengunjung ada yang membawa alat tampung untuk air Zamzam, baik berupa botol, jerigen, maupun wadah plastik lainnya.

Pengelola Masjidil Haram menyediakan gelas plastik sekali pakai yang bisa digunakan untuk menampung air Zamzam berukuran kurang dari 200 mililiter. Di sekitar keran air, terdapat kotak sampah untuk membuang gelas sekali pakai itu.  Tampak juga sejumlah petugas kebersihan dan keamanan menjaga kawasan itu agar tetap kondusif. Antrean jamaah yang akan meminum air Zamzam akan makin panjang ketika makin mendekati masa puncak haj.

Adapun jamaah calon haji (JCH) Indonesia kloter gelombang pertama yang saat ini mulai berada di Makkah sejak Kamis (26/7).Hal itu, artinya JCH Indonesia mulai melakukan amalan-amalan wajib dan sunnah sebelum melakukan ibadah haji.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini