Setoran Awal Haji 2018 di Negara Ini Rp 12 Juta

Kamis , 22 Nov 2018, 09:20 WIB Reporter :Umi Nur Fadhilah/ Redaktur : Andi Nur Aminah
Calon jamaah haji Nigeria
Calon jamaah haji Nigeria

IHRAM.CO.ID, KATSINA -- Gubernur negara bagian Katsina Aminu Masari setujui keputusan Dewan Kesejahteraan Jamaah negara bagian Katsina mengumpulkan 300 ribu naira (sekitar Rp 12 juta) sebagai biaya awal ibadah haji 2019. “Gubernur memberikan persetujuan, setelah arahan yang diberikan kepada dewan oleh Komisi Haji Nasional (NAHCON) mulai mengumpulkan tarif haji dengan segera dari jamaah yang berniat,” kata Direktur Eksekutif Dewan Kesejahteraan Jamaah negara bagian Katsina Muhammad Rimi dilansir di Pulse Nigeria, Rabu (21/11).

 

Dia menjelaskan tujuan mengumpulkan tunjangan awal haji agar memungkinkan dewan memulai persiapan awal operasi haji 2019. Dia menjelaskan NAHCON memberikan arahan kepada dewan kesejahteraan jamaah nasional untuk menghindari hambatan tak penting dalam persiapan operasi haji 2019.

Terkait

Rimi mengatakan calon yang ingin megajukan diri untuk aplikasi haji ini harus menyertakan bukti setoran awal dari bank-bank yang ditunjuk negara. Mereka dipersilahkan memulai deposit sejak November 2018 hingga Maret 2019.

Bahkan, Rimi mengatakan, para calon jamaah itu bebas untuk membayar setoran awal sesuai rancangan bank bersertifikat yang diakui. “Semua jamaah yang berniat harus membayar deposit mereka di tujuh kantor zona Dewan dan tidak ada yang harus membayar tunai,” ujar Rimi.

Dia mengatakan mereka yang mengajukan aplikasi haji harus menyertakan surat tanda penduduk, paspor elektronik, Draft Bank Bersertifikat sebesar 300 ribu naira, dan surat penjamin. “Semua jamaah yang berniat harus memiliki penjamin yang akan menjadikan (jamaah) tidak akan melarikan diri (di Tanah Suci) dan kembali ke Nigeria,” kata Rimi.

Selain itu, dia mengingatkan, semua calon yang mengajukam diri jika dia wanita, harus memiliki muhram (pendamping pria) yang menandatangani formulir persetujuan. Dia meminta calon jamaah tersebut segera menuju kantor zona terdekat di Katsina, Daura, Funtua, Malumfashi, Kankia, Mani, dan Dutsinma untuk membuat simpanan haji.

Kantor Berita Nigeria (NAN) melaporkan, seorang yang mengajukan aplikasi haji bisa melakukan deposit hingga 1,5 juta naira (sekitar Rp 60 juta). Sambil menunggu pengumuman ongkos haji final oleh NAHCON. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini