BPKH Luncurkan Program MINA

Kamis , 27 Dec 2018, 17:00 WIB Reporter :Khoirul Azwar/ Redaktur : Dwi Murdaningsih
anggota Badan Pelaksana BPKH, A Iskandar Zulkarnain.
anggota Badan Pelaksana BPKH, A Iskandar Zulkarnain.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) meluncurkan gerakan ‘MINA’  (Mari Tunaikan Haji Selagi Muda). Ibadah haji adalah kegiatan ziarah ke kota suci Makkah sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Seluruh rangkaian kegiatan ibadah haji tersebut selain membutuhkan kemampuan finansial, juga sangat memerlukan kemampuan fisik dan keilmuan.

 

Terkait

“MINA  diharapkan menjadi satu gerakan nasional untuk menggaungkan keinginan berhaji sejak dini, khususnya di kalangan generasi milenial,” ujar anggota Badan Pelaksana BPKH, A Iskandar Zulkarnain.

Sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, BPKH berkeyakinan  MINA dapat menggerakkan masyarakat  untuk menunaikan ibadah haji di usia dini. Dengan berhaji sejak dini, diharapkan terbentuk generasi yang memiliki kesalehan individu dan sosial yang menjadi modal dalam membangun bangsa.

Lomba vlog

Iskandar mengatakan, di tengah era globalisasi dan kemajuan teknologi yang sangat pesat, anak muda menjadi generasi yang paling terdampak. Saat ini vlogging atau membuat vlog menjadi salah satu tren yang populer di kalangan mereka.

BPKH  pun melihat hal ini sebagai peluang dan sarana untuk meraih minat serta meningkatkan kesadaran generasi  muda  terhadap gerakan MINA. Untuk itu pulalah , lanjut dia,  BPKH menggelar 'Lomba Vlog MINA', sebuah kompetisi membuat karya vlog bagi kalangan muda yang hasilnya diharapkan dapat menggugah kesadaran seluruh pihak untuk menyegerakan ibadah haji.

“Gerakan MINA dengan Lomba Vlognya ingin menanamkan nilai positif kepada generasi muda untuk meningkatkan semangat beribadah, sekaligus menumbuhkan kesadaran dalam merencanakan masa depan dengan mulai membiasakan diri menabung, serta turut berperan aktif dalam program kreatif bernilai edukasi,” kata Iskandar.

 Lomba Vlog MINA akan dilaksanakan mulai 26 Desember 2018 hingga 26 Januari 2019. Dewan Juri yang terdiri dari ustad Cholil Nafis dan ustad Erick Yusuf didaulat untuk memberikan penilaian berdasarkan; kesesuaian dengan tema, teknik pengambilan gambar, musik dan suara, penyampaian pesan (kreativitas dan keunikan), serta jumlah penonton (viral).

Guna  mendukung gerakan ini, BPKH bekerja sama dengan 31 bank daerah dan syariah di Tanah Air. Para calon peserta lomba vlog maupun masyarakat umum dapat memulai gerakan ini dengan membuka tabungan haji melalui bank-bank yang dimaksud.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini