Yogyakarta Siapkan Kajian Lingkungan untuk Embarkasi

Jumat , 25 Jan 2019, 17:17 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Kloter pertama Jamaah haji asal Kabupaten Sumedang telah tiba di Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Selasa (17/7).
Kloter pertama Jamaah haji asal Kabupaten Sumedang telah tiba di Asrama Haji Embarkasi Bekasi, Selasa (17/7).

IHRAM.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tahun ini pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan kajian lingkungan untuk embarkasi haji. Anggaran kajian disiapkan dari APBD DIY.

 

Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY, Pujiastuti mengatakan, kajian akan menunggu lokasi tanah yang rencananya disiapkan untuk embarkasi haji. "Pemda DIY harus memberi contoh yang benar. Karena pembangunan di atas tanah lima hektar ke atas dan luas lantai minimal  10 ribu meter persegi harus ada amdal," ujarnya.

Terkait

Lokasi tanah untuk embarkasi haji sedang ditelaah di tingkat teknis diantaranya oleh bidang aset Pemda DIY.  Dari beberapa telaah lokasi embarkasi lebih mengarah di Kulon Progo.

"Karena waktu DPRD DIY bersama eksekutif audiensi dengan Gubernur DIY, arahan Pak Gubernur kalau bisa embarkasi haji didekatkan ke bandara. Karena nantinya embarkasi haji yang ada di DIY bukan hanya untuk masyarakat DIY saja, melainkan bisa dipakai untuk Jawa Tengah bagian selatan,"jelasnya.

Pujiastuti berharap, embarkasi ini tidak hanya digunakan pada waktu musim haji. Melainkan banyak hal yang positif yang bisa diharapkan dengan dibangunnya embarkasi haji. Sehingga bisa menutup biaya operasional embarkasi dan tidak membebani APBD.

Aturannya untuk embarkasi haji gedungnya.minimal setara dengan hotel bintang tiga. Sehingga nantinya embarkasi haji di DIY apabila benar-benar terwujud, bisa juga digunakan untuk wisata, manasik haji dan lain-lain.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini