Cerdas Memilih Travel Umrah

Senin , 04 Mar 2019, 18:00 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Ilustrasi Jamaah Umrah
Ilustrasi Jamaah Umrah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pihak Kanwil Kementerian Agama Riau meminta masyarakat agar cerdas memilih biro perjalanan (travel) umrah dan agar tidak mau diiming-imingi dengan biaya perjalanan murah.

 

"Masyarakat jangan tergiur diiming-iming dengan biaya perjalanan umrah yang murah, sebab banyak kasus biro travel yang menyediakan jasa dengan ongkos murah justru menelantarkan jamaahnya," kata Kepala Bidang Perjalanan Haji dan Umrah pada Kanwil Kemenag Riau, Erizon, di Pekanbaru, Senin (4/3).

Terkait

Menurut dia, Kanwil Kemenag Riau sebagai lembaga pengawasan sekaligus pembina seluruh travel yang resmi tercatat di Riau bertugas untuk melaporkan hal-hal yang bersifat teknis ke Kemenag Pusat terkait persoalan ditemukan di lapangan.

Ia mengatakan, melihat telah menjamurnya biro travel umrah di Riau, kantor pusat dan cabang diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah.

"Yang sering bermasalah itu adalah travel umrah dengan iming-iming ongkos murah dan tidak jelas identitas kantornya, atau mereka beroperasi di Pekanbaru dan menjaring jamaah, sementara izin cabangnya belum ada," katanya.

Untuk itu, Erizon menghimbau, khususnya kepada masyarakat Riau, agar lebih cerdas memilih biro penyelenggara haji dan umrah khusus, jangan tergiur biaya murah saja agar tidak mengalami masalah di Tanah Suci.

Ia menyebutkan, sudah ada sejumlah biro yang dibekukan operasinya dibekukan, bahkan mungkin akan dicabut, seperti BMP karena sudah melanggar aturan dan tidak sesuai dengan regulasi yang ada.

"Di samping menelantarkan jamaah, juga tidak taat aturan yang tertuang dalam PMA nomor 23 tahun 2016 tersebut," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini