LSM Nigeria Usulkan Dana Pensiun bagi ASN untuk Berhaji

Selasa , 26 Mar 2019, 23:14 WIB Reporter :Umi Nur Fadhilah/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Jamaah Haji Nigeria (ilustrasi)
Jamaah Haji Nigeria (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, ABUJA — Lembaga swadaya masyarakat Reporter Haji Independen (IHR) menyerukan pembentukan bank keuangan mikro haji. Bank tersebut ditujukan untuk mendukung segala kegiatan ibadah haji.  

 

Seperti dilansir di //Premium Times Nigeria// pada Selasa (26/3), IHR juga meminta Pemerintah Nigeria menerapkan kebijakan baru yang memungkinkan aparat sipil negara (ASN) di negara tersebut melaksanakan ibadah haji menggunakan dana pensiun masing-masing. 

Terkait

Seruan itu tertera dalam pernyataan yang ditandatangani Koordinator Nasional IHR Ibrahim Muhammad dan Sekretaris Publikasi IHR Abubakar Mahmoud.  

Baca Juga

Organisasi masyarakat sipil yang memantau kegiatan haji di Nigeria dan Arab Saudi itu juga mengusulkan pengurangan bulanan penghasilan pegawai pemerintah yang setuju, untuk mensubsidi kursi haji. 

Alasannya, peningkatan global dalam biaya pengeluaran haji di beberapa negara, telah menggunakan sistem yang memungkinkan warganya menyatukan sumber daya bersama-sama. 

Tujuannya, memudahkan kewajiban keuangan haji dibandingkan dengan pembayaran langsung.

Karena itu, IHR beranggapan Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) dapat bermitra dengan Komisi Pensiun Nigeria (PenCom) untuk menciptakan arsitektur kebijakan yang memungkinkan pegawai negeri sipil menggunakan dana pensiun untuk pembayaran haji. 

Mereka menuntut skema tersebut harus dimasukkan ke dalam skema tabungan haji yang diusulkan setiap tahun. n Umi Nur Fadhilah

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini