24 Ramadhan 1442

Kloter Pertama Mendarat di Madinah Sabtu Pagi

Sabtu , 06 Jul 2019, 05:30 WIB Redaktur : Andi Nur Aminah
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyambut kedatangan jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama dan kedua yang tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Jawa Timur, Jumat (5/7).
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyambut kedatangan jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama dan kedua yang tiba di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Jawa Timur, Jumat (5/7).

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Rombongan jamaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Surabaya (SUB) diperkirakan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah, Arab Saudi, Sabtu (6/7) pagi waktu Arab Saudi (WAS), sekitar pukul 10.00. Hal itu disampaikan Kepala Daerah Kerja Bandara Arsyad Hidayat saat memberikan acara taaruf seluruh anggota Daker Bandara Jeddah dan Madinah, di Kantor Urusan Haji (KUH) Madinah, Jumat (5/7) malam waktu setempat.

“Insya Allah, sesuai jadwal yang ada, kloter pertama jamaah haji dari Embarkasi Surabaya tiba pukul 10.00 waktu Arab Saudi,” ujar Arsyad Hidayat kepada wartawan Republika Syahruddin El-Fikri, dari Madinah, Arab Saudi.

Arsyad mengatakan, petugas haji PPIH Arab Saudi di Daerah Kerja Bandara sudah mempersiapkan acara penyambutan jamaah haji untuk kloter pertama tersebut. “Persiapan dan ikhtiar sudah kita lakukan, baik dengan menggelar baca yasin, tahlil, dan doa bersama agar lancarnya penyambutan,” kata dia.

Selain itu, dia mengatakan, pihaknya juga sudah mengoordinasikan para petugas dari berbagai divisi dan Sektor Kerja agar setibanya di Bandara Madinah, jamaah haji merasakan kenyamanan dan ketenangan. “Intinya, semua sudah kita siapkan. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar,” ujarnya.

Baca Juga

Ia menambahkan, rombongan jamaah haji kloter pertama asal Embarkasi Surabaya ini akan disambut secara langsung oleh Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Miftah Abegebriel. Setelah cara penyambutan, jamaah haji akan langsung diantar dan ke pemondokan di Madinah.

Rencananya, selain kloter pertama asal Embarkasi Surabaya, akan tiba juga di Madinah adalah Kloter 2 Surabaya pada pukul 13.30 WAS. Disusul kemudian kloter 1 asal Embarkasi Batam (BTH) pada pukul 10.35 WAS dan Kloter 2 BTH pukul 14.35 WAS. “Masing-masing kloter berjumlah 450 orang, sehingga empat kloter yang tiba di Madinah pada Sabtu (6/7) WAS berjumlah 1800 jamaah,” ujarnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Daerah Madinah, Amin Handoyo mengatakan, di Madinah nantinya jamaah haji Kloter 1 asal Embarkasi Surabaya akan menempati pemondokan di Sektor 3 Hotel Isyraq al-Bustam (No. 313). Kloter 1 Batam di Sektor 4 Hotel Nibras Syahba (No. 401), Kloter 2 SUB di Sektor 4 Hotel Manar al-Taaj (402), dan Kloter 2 Batam di Sektor 5 Hotel Gulnar Taibah (501).

 

widget->kurs();?>